Kuliah Kerja Nyata Universitas Ahmad Dahlan Periode 84 Divisi II.D.2 Tahun 2021 Laporan Akhir Kegiatan Kampus Mengajar di SD IT AL – I’TISHAM Saptosari Gunung Kidul, Yogyakarta

Farid, Tartiburrohman (2021) Kuliah Kerja Nyata Universitas Ahmad Dahlan Periode 84 Divisi II.D.2 Tahun 2021 Laporan Akhir Kegiatan Kampus Mengajar di SD IT AL – I’TISHAM Saptosari Gunung Kidul, Yogyakarta. [Laporan KKN] (Submitted)

[thumbnail of Laporan Akhir KKN Kampus Mengajar_II.D.2_Reguler 84.pdf] Text
Laporan Akhir KKN Kampus Mengajar_II.D.2_Reguler 84.pdf

Download (401kB)
[thumbnail of ISI LAPORAN_II.D.2_REGULER 84.pdf] Text
ISI LAPORAN_II.D.2_REGULER 84.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Program Kampus Mengajar Angkatan I telah dilaksanakan di SD IT Al-I’tisham yang beralamatkan di Dusun Klepu, Planjan, Saptosari, Gunung Kidul, Yogyakarta selama kurang lebih 3 bulan. Kegiatan ini bertujuan untuk membantu pembelajaran di masa pandemi, terutama untuk SD di daerah 3T.
Sebelum mahasiswa melaksanakan tugas, terdapat kegiatan pra-penugasan yang terdiri dari Pembekalan, Koordinasi dengan Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota, serta Koordinasi dengan SD. Setelah itu mahasiswa mulai diterjunkan ke SD sasaran mulai 22 Maret 2021 sampai dengan 25 Juni 2021.
Program-program dirancang berurutan mulai dari observasi sekolah, diskusi antar anggota Kampus Mengajar, Dosen Pembimbing Lapangan, Kepala Sekolah serta guru khususnya yang bersinggungan langsung dengan program kegiatan yang dirancang. Pelaksanaan program Kampus Mengajar dilakukan secara seimbang diawali dengan perencanaan, pelaksanaan, serta evaluasi di akhir setiap program. Hasil yang dicapai dari keseluruhan program Kampus Mengajar diantaranya meningkatkan kualitas pembelajaran, membantu adaptasi teknologi bagi guru dan siswa serta ikut membantu pengelolaan administrasi sekolah dan guru. Program literasi juga dilaksanakan untuk menumbuhkan sumber daya manusia yang berkualitas sejak dini.
Kata kunci: Kampus Mengajar, SD IT AL-I’tisham, Guru, Siswa.

Item Type: Laporan KKN
Subjects: A General Works > AZ History of Scholarship The Humanities
Divisi / Prodi: Faculty of Islamic Studies (Fakultas Agama Islam) > Faculty of Islamic Studies (FAI) Doc
Depositing User: - Farid Tartiburrohman
Date Deposited: 16 Jul 2021 01:08
Last Modified: 16 Jul 2021 01:08
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/26490

Actions (login required)

View Item View Item