LAPORAN AKHIR KKN PERIODE KKN REGULER 84 UNIVERSITAS AHMAD DAHLAN KAMPUS MENGAJAR ANGKATAN 1 2021/2022 DIVISI II.D.1

FADILLA, DINA (2021) LAPORAN AKHIR KKN PERIODE KKN REGULER 84 UNIVERSITAS AHMAD DAHLAN KAMPUS MENGAJAR ANGKATAN 1 2021/2022 DIVISI II.D.1. [Laporan KKN] (Unpublished)

[thumbnail of JUDUL_III.D1_Reguler84.pdf] Text
JUDUL_III.D1_Reguler84.pdf

Download (250kB)
[thumbnail of ISI LAPORAN_III.D.I.REGULER84-dikonversi (1).pdf] Text
ISI LAPORAN_III.D.I.REGULER84-dikonversi (1).pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Abstrak

Hadirnya program Kampus Mengajar yag diselenggarakan oleh Kementrian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi sebagai bentuk kepedulian dan tugas bersama sebagai bangsa Indonesia membantu pembelajaran di masa pandemic terutama untuk SD di daerah 3T menghadirkan mahasiswa sebagai bagian dari penguatan pembelajaran literasi dan numerasi dan menjadi mitra guru dalam melakukan kreativitas dan inovasi dalam pembelajaran. Di samping itu, juga menjadi ruang pengabdian, penerapan berbagai kajian, inovasi dan kreativitas yang dihasilkan mahasiswa meningkatkan mutu pendidikan dan skill dalam mendapatkan pengalaman di luar kampus
Program Kampus Mengajar merupakan bagian dari kebijaka Merdeka Belajar oleh Kementerian Pendididkan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia yang memberikan kesempatan bagi mahasiswa untuk mengasah kemampuan sesuai minat dan bakat. Tujuan dilaksanakannya program Kampus Mengajar adalah memberdayakan mahasiswa untuk membantu proses pengajaran di SD sekitar desa maupun kota tempat tinggalnya. Melalui program ini diharapkan terjadi peningkatan efektivitas proses pembelajaran di Sekolah Dasar termasuk dalam kondisi darurat pandemi Covid-19.
Manfaat program Kampus Mengajar bagi mahasiswa yaitu diakui konversi hasil belajar sampai dengan 12 sks serta adanya pemotongan UKT hingga Rp. 2.400.000 dan mendapatkan uang saku Rp. 1.200.000 perbulan. Hadirnya Kampus Mengajar merealisasikan rekognisi sks pada mata kuliah KKN. Kuliah kerja nyata yaitu wujud pengabdian mahasiswa perguruan tinggi negeri kepada masyarakat lewat pemberian bantuan pemberdayaan, pelatihan, penyuluhan, pembimbingan, pendampingan dan untuk menyadarkan potensi yang dimiliki, serta membantu meningkatkan kualitas hidup dan pembangunan. Mahasiswa akan mendapatkan kemampuan generatif berupa life skills (kecakapan / ketrampilan hidup). Observasi dilakukan dengan metode: (1) tanya jawab, (2) dokumentasi, dan (3) melihat ke lapangan secara langsung. Berdasarkan hasil observasi maka ditentukan program kerja KKN individu yang akan dilaksanakan meliputi program kelompok dan individu.
Program kelompok berupa membantu mengajar di SD Negeri 2 Ngleses, membantu adminstrasi dan pembiasan teknologi, sedangkan program individu, bimbingan belajar aksara melestarikan budaya literasi, menghitung angka numerasi, sosialisasi prokes 5M, promosi untuk berdonasi buku layak baca, pelatihan karya membatik, promosi profil pelajar Pancasila sekaligus menjadi duta edukasi perubahan perilaku di masa pandemi. pelatihan pembacaan puisi, belajar huruf hijaiyah, mengaji, doa sehari-hari, berbagi takjil pada bukan ramadan, membuat taman sekolah, penataan ruang kelas, senam sehat siswa SD Negeri 2 Ngleses, dan lomba-lomba serta penutupan. Dilihat dari program-program tersebut maka mahasiswa berperan sebagai fasilitator, dinamisator dan motivator.
Pelaksanaan program kerja nyata dimulai dari tanggal 22 Maret s.d 26 Juni 2021 ini relatif berjalan lancar. Dengan demikian, setelah kegiatan KKN UAD Kampus Mengajar berakhir diharapkan para mahasiswa dapat bertukar pikiran dan belajar bersama-sama di SD Negeri 2 Ngleses untuk menjawab tantangan dan membantu segala kekurangan yang ada di SD Negeri 2 Ngleses. Selain itu siswa-siswi dapat terus memiliki semangat belajar, mengembangkan segala potensi yang ada pada dirinya dan alam sekitarnya. Dan setiap kegiatan yang telah berlangsung secara kontinu tetap dipertahankan untuk membekali diri sebagai bekal dikemudian hari.

Kata Kunci: Program Kampus Mengajar, SD Negeri 2 Ngleses, pembelajaran literasi, numerasi, adaptasi teknologi, administrasi sekolah.

Item Type: Laporan KKN
Subjects: A General Works > AS Academies and learned societies (General)
Divisi / Prodi: Faculty of Teacher Training and Education (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan) > S1-Indonesian Language and Literature Education (S1-Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia)
Depositing User: Dina Sari Hardiyanti Lutfi Fadilla
Date Deposited: 16 Jul 2021 01:22
Last Modified: 16 Jul 2021 01:22
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/26495

Actions (login required)

View Item View Item