KULIAH KERJA NYATA UNIVERSITAS AHMAD DAHLAN PERIODE 84 DIVISI III.A.1 TAHUN 2021 PELAKSANAAN PROGRAM KAMPUS MENGAJAR 1 DI SDIT AL-HAKIM, KEC. TAMBUN SELATAN, KAB. BEKASI JAWA BARAT

Putri Andini, Luthfia (2021) KULIAH KERJA NYATA UNIVERSITAS AHMAD DAHLAN PERIODE 84 DIVISI III.A.1 TAHUN 2021 PELAKSANAAN PROGRAM KAMPUS MENGAJAR 1 DI SDIT AL-HAKIM, KEC. TAMBUN SELATAN, KAB. BEKASI JAWA BARAT. [Laporan KKN] (Unpublished)

[thumbnail of PELAKSANAAN PROGRAM KAMPUS MENGAJAR DI SDIT AL-HAKIM, KEC. TAMBUN SELATAN, KAB. BEKASI JAWA BARAT_III.A.1_REGULER KE-84 KAMPUS MENGAJAR.pdf] Text
PELAKSANAAN PROGRAM KAMPUS MENGAJAR DI SDIT AL-HAKIM, KEC. TAMBUN SELATAN, KAB. BEKASI JAWA BARAT_III.A.1_REGULER KE-84 KAMPUS MENGAJAR.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of ISI LAPORAN_III.A.1_REGULER KE-84 KAMPUS MENGAJAR.pdf] Text
ISI LAPORAN_III.A.1_REGULER KE-84 KAMPUS MENGAJAR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Pandemi COVID-19 membuat banyak negara mengambil kebijakan dengan
mengehentikan aktifitas pembelajaran di kelas sampai waktu yang belum bisa ditentukan. Hal ini dilakukan dalam rangka mengurangi korban sebagai dampak virus corona yang dapat mematikan. Kondisi tersebut tentunya bukanlah hal yang baik dalam dunia pendidikan. Pembelajaran secara daring mulai diterapkan. Namun demikian kesiapan masing-masing sekolah tidak lah sama. Fasilitas internet dan kemampuan penggunaan aplikasi serta pemilikan media untuk komunikasi seperti smartphone juga menjadi halangan terlaksananya proses pembelajaran.
Pada tahun 2020, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan meluncurkan program kampus mengajar yang merupakan salah satu bentuk pelaksanaan dari Kebijakan Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM). Kampus Mengajar menghadirkan mahasiswa sebagai bagian dari penguatan pembelajaran literasi dan numerasi, kemudian membantu pembelajaran di masa pandemi, terutama untuk SD di daerah 3T (Tertinggal, Terbelakang, Terluar).
Program kerja dilaksanakan selama 3 bulan di SDIT Al-Hakim dengan difokuskan pada 3 aspek yairu pembelajaran literasi dan numerik, adaptasi teknologi, dan administrasi sekolah. Kegiaatan kampus mengajar tentunya memberi dampak baik pada sekolah yang dituju juga pada kami selaku mahasiswa yang ditugaskan untuk menyumbangkan ilmu yang kami miliki kepada peserta didik, guru dan adaptasi administrasi dan teknologi. Kegiatan ini juga membuat kami mendapat banyak pengalaman dan pengetahuan seperti cara mengatasi situasi, mengambil keputusan
dan melakukan inovasi. Kegiatan ini terlaksana tentunya juga hasil kolaborasi antara kami, dosen pembimbing lapangan, peserta didik, guru dan kepala sekolah.
Kata Kunci : COVID-19, Kampus Mengajar, pembelajaran literasi dan numerasi, adaptasi teknologi, administrasi sekolah.

Item Type: Laporan KKN
Subjects: A General Works > AS Academies and learned societies (General)
Divisi / Prodi: Faculty of Pharmacy (Fakultas Farmasi) > S1-Pharmacy (S1-Farmasi)
Depositing User: Luthfia Putri Andini
Date Deposited: 16 Jul 2021 01:35
Last Modified: 16 Jul 2021 01:35
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/26502

Actions (login required)

View Item View Item