KULIAH KERJA NYATA PELAKSANAAN PROGRAM KAMPUS MENGAJAR ANGKATAN 1 DI SD ISLAM AL MUHAJIR KECAMATAN PASAR KEMIS KABUPATEN TANGERANG PERIODE REGULER KE-84 DIVISI III.A.3 TAHUN AKADEMIK 2020/2021

DINA, ALZENA (2021) KULIAH KERJA NYATA PELAKSANAAN PROGRAM KAMPUS MENGAJAR ANGKATAN 1 DI SD ISLAM AL MUHAJIR KECAMATAN PASAR KEMIS KABUPATEN TANGERANG PERIODE REGULER KE-84 DIVISI III.A.3 TAHUN AKADEMIK 2020/2021. [Laporan KKN] (Unpublished)

[thumbnail of JUDUL_III.A.3_REGULER 84.pdf] Text
JUDUL_III.A.3_REGULER 84.pdf

Download (958kB)
[thumbnail of ISI LAPORAN_III.A.3_REGULER 84.pdf] Text
ISI LAPORAN_III.A.3_REGULER 84.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Program Kampus Mengajar Angkatan 1 merupakan salah satu program turunan dari Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) berupa asistensi mengajar untuk memberdayakan mahasiswa dalam membantu proses pembelajaran di sekolah dasar di seluruh Indonesia. Tujuan program ini diselenggarakan adalah untuk menghadirkan mahasiswa sebagai bagian dari penguatan proses pembelajaran literasi dan numerasi serta membantu pembelajaran pada masa pandemi seperti sekarang ini, utamanya untuk sekolah – sekolah yang ada di wilayah 3T (Tertinggal, Terdepan, Terluar). Menurut Kemendikbud, masih banyak sekolah di wilayah 3T yang membutuhkan bantuan tenaga pendamping untuk membantu guru – guru dalam proses belajar mengajar. Dengan diselenggarakannya program ini dan mahasiswa sebagai peserta, diharapkan mereka yang terlibat dapat berkolaborasi dengan pihak sekolah dalam proses mengajar, pendampingan dalam adaptasi teknologi, dan membantu proses administrasi, serta berkontribusi memajukan sekolah. Selain itu, mahasiswa peserta program Kampus Mengajar diharapkan mampu bertanggung jawab dalam mengembangkan karakter dan minat belajar siswa di masa pandemi ini. Manfaat dari program ini adalah meningkatnya empati dan kepekaan sosial pada diri mahasiswa terhadap permasalahan kehidupan masyarakat yang ada di sekitarnya, terutama lingkungan sekolah tempatnya bertugas; mengasah keterampilan sosial, termasuk di dalamnya yakni kemampuan berpikir dan bekerja bersama lintas bidang ilmu dalam menyelesaikan masalah; mengembangkan wawasan dan karakter mahasiswa; memacu pembangunan nasional dengan secara tidak langsung memotivasi masyarakat agar berpartisipasi; serta meningkatkan peran dan kontribusi nyata perguruan tinggi dan mahasiswa dalam pembangunan nasional.

Kata Kunci : Kampus Mengajar Angkatan 1; Wilayah 3T; Literasi dan Numerasi; Karakter Siswa; Adaptasi Teknologi; Administrasi Sekolah.

Item Type: Laporan KKN
Subjects: A General Works > AS Academies and learned societies (General)
Divisi / Prodi: Lembaga Pengbdian pada Masyarakat
Depositing User: ALZENA DINA
Date Deposited: 16 Jul 2021 23:27
Last Modified: 16 Jul 2021 23:27
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/26558

Actions (login required)

View Item View Item