KULIAH KERJA NYATA KAMPUS MENGAJAR 1 UNIVERSITAS AHMAD DAHLAN PERIODE 84 DIVISI III.D.1 TAHUN 2021

ARBAATUN, DESTRIANA (2021) KULIAH KERJA NYATA KAMPUS MENGAJAR 1 UNIVERSITAS AHMAD DAHLAN PERIODE 84 DIVISI III.D.1 TAHUN 2021. [Laporan KKN] (Unpublished)

[thumbnail of JUDUL_III.B.2_KKN REG 84 KAMPUS MENGAJAR.pdf] Text
JUDUL_III.B.2_KKN REG 84 KAMPUS MENGAJAR.pdf

Download (455kB)
[thumbnail of ISI LAPORAN_III.B.2_KKN REG 84 KAMPUS MENGAJAR.pdf] Text
ISI LAPORAN_III.B.2_KKN REG 84 KAMPUS MENGAJAR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Akibat pandemi ini banyak negara mengalami kesulitan,salah satunya yaitu pada hal pendidikan.Saat ini Indonesia sedang membutuhkan bantuan berbagai pihak untuk bergerak secara sinergis menyukseskan pendidikan nasional.Gerakan ini dapat dilakukan oleh siapapun termasuk mahasiswa untuk membantu sekolah, khususnya jenjang Sekolah Dasar untuk memberikan kesempatan belajar optimal kepada semua peserta didik dalam kondisi terbatas dan kritis selama pandemi. Berdasarkan hal tersebut, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia, Nadiem Anwar Makarim mencetuskan program Merdeka Belajar Kampus Mengajar yang bertujuan untuk melayani kebutuhan pendidikan di era revolusi industri 4.0,dan membantu Sekolah yang masih termasuk dalam daerah 3T (Terpencil, Terdepan, Tertinggal). Program kampus mengajar merupakan salah program merdeka belajar yang melibatkan mahasiswa di seluruh indonesia untuk berkontribusi sebagai agen perubahan untuk tantangan pendidikan di Indonesia, khususnya dimasa pandemi ini. Mahasiswa akan di terjunkan di sekolah dasar di berbagai daerah indonesia pilihan kemendikbud salah satunya adalah SD Negeri Bojong 02 yang berlokasi di Desa Bojong, Kecamatan Bojong, Kabupaten Tegal, Provinsi Jawa Tengah. Mahasiswa yang terlibat melaksanakan program ini memiliki tanggung jawab menjadi mitra guru untuk berinovasi dalam pembelajaran, adaptasi teknologi maupun membantu administrasi sekolah. Dengan mengikuti program ini diharapkan mahasiswa dapat mengasah keterampilan mereka seperti melatih komunikasi, kepemimpinan, kreativitas, pemecahan masalah, empati serta dapat melakukan inovasi. Dengan tergabung dalam program ini mahasiswa juga dapat bekerja sama lintas bidang ilmu dengan teman sejawat dalam satu kelompok untuk memecahkan suatu masalah yang dihadapi, mengembangkan pengetahuan, karakter dan juga soft skill mahasiswa. Hal ini tentunya dapat mendorong dan meningkatkan pembangunan nasional dengan menumbuhkan motivasi kepada siswa dan siswi yang ada di lingkungan sekolah juga dapat membantu perubahan pada SD penempatan supaya lebih baik lagi baik dalam adaptasi teknologi maupun pembenahan administrasi.
Kata Kunci : Kampus Mengajar, Agen Perubahan, Pembangunan Nasional

Item Type: Laporan KKN
Subjects: A General Works > AZ History of Scholarship The Humanities
Divisi / Prodi: Faculty of Industrial Technology (Fakultas Teknologi Industri) > S1-Food Technology (S1-Teknologi Pangan)
Depositing User: Destriana Arbaatun
Date Deposited: 16 Jul 2021 23:10
Last Modified: 16 Jul 2021 23:10
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/26564

Actions (login required)

View Item View Item