Laporan Akhir KKN Periode Reguler 84 Program Kampus Mengajar Angkatan 1 di SD Negeri Danupayan Divisi II.A.1

Permatasari, Melania Iko (2021) Laporan Akhir KKN Periode Reguler 84 Program Kampus Mengajar Angkatan 1 di SD Negeri Danupayan Divisi II.A.1. [Laporan KKN] (Unpublished)

[thumbnail of JUDUL_II.A.I_KKN REG 84.pdf] Text
JUDUL_II.A.I_KKN REG 84.pdf

Download (219kB)
[thumbnail of ISI LAPORAN_II.A.I_KKN 84.pdf] Text
ISI LAPORAN_II.A.I_KKN 84.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Kuliah Kerja Nyata Kampus Mengajar telah dilaksanakan di SD Negeri Danupayan selama kurang lebih 3 bulan sejak 22 Maret sampai dengan 25 Juni 2021. Sekolah yang menjadi tujuan KKN-KM beralamat di Kemirirejo, Danupayan, Kec. Bulu, Kab. Temanggung Prov. Jawa Tengah. Berbagai program KKN-KM telah dilaksanakan. Kegiatan KKN yang telah dilakukan dimulai dengan observasi sekolah, perencanaan program, konsultasi programbaik kepada pihak sekolah dan DPL lalu pelaksanaan program yang direncanakan. Kegiatan kampus mengajar yang dilakukan meliputi beberapa tahapan mulai dari tahap persiapan, praktik mengajar, dan pelaksanaan. Hasil yang dicapai dari pelaksanaan program individu tersebut adalah memberikan perubahan proses pembelajaran yang aktif dan menarik, serta melatih keterampilan proses siswa dalam belajar. Berbagai program-program individu dapat berjalan dengan baik dan dapat memberikan manfaat bagi kemajuan pribadi penyusun, siswa, guru serta sekolah dalam menunjang proses pembelajaran di sekolah untuk saat ini maupun di masa yang akan datang. Program ini sebagai wahana untuk mengembangkan wawasan, karakter dan Soft Skills mahasiswa; sebagai pelatihan dan pembelajaran bagi mahasiswa untuk mendorong dan memacu pembangunan nasional dengan menumbuhkan motivasi masyarakat untuk berpartisipasi dalam pembangunan, juga menjadi usaha dari Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta untuk turut berkontribusi dalam mentransformasikan nilai-nilai kependidikan kepada sekolah tersebut. Manfaat lain dari program ini adalah terobosan pelaksanaan kegiatan pembelajaran bagi para siswa SD di masa pandemi, juga pemberdayaan mahasiswa untuk membantu sekolah baik dalam hal kegiatan belajar mengajar maupun administratif. Pelaksanaan pembelajaran jarak jauh, khususnya di tingkat SD, mengalami kendala yang cukup sulit untuk dipecahkan. Mayoritas dari mereka tidak mempunyai perangkat yang memadai untuk mengikuti pembelajaran jarak jauh. Sehingga, pembelajaran menjadi tidak terlaksana dengan efektif. Dengan kehadiran mahasiswa di sekolah, diharapkan dapat membantu pembelajaran yang mampu membuat siswa mendapatkan hasil belajar yang memuaskan.
Kata kunci : Program Kampus Mengajar, SD Negeri Danupayan, Pembelajaran

Item Type: Laporan KKN
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisi / Prodi: Faculty of Teacher Training and Education (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan) > S1-Biology Education (S1-Pendidikan Biologi)
Depositing User: Melania Iko Permatasari
Date Deposited: 16 Jul 2021 23:17
Last Modified: 16 Jul 2021 23:17
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/26572

Actions (login required)

View Item View Item