KULIAH KERJA NYATA KAMPUS MENGAJAR UNIVERSITAS AHMAD DAHLAN PERIODE 84 DIVISI III.D.1 TAHUN AKADEMIK 2020/2021

Ibnu Setiawan, Hafidh and Arbaatun, Destriana and Shabylla, Thalia Zal and Mawaddah, Yusril Ihza and Aurelia, Thifalni Zahra and Bela, Dinda Velita and Pramesti, Anisya Ardia and Sopyana, Maya and Oktajayanti, Cyndhi (2021) KULIAH KERJA NYATA KAMPUS MENGAJAR UNIVERSITAS AHMAD DAHLAN PERIODE 84 DIVISI III.D.1 TAHUN AKADEMIK 2020/2021. [Laporan KKN] (Unpublished)

[thumbnail of JUDUL_III.D.1_REGULER 84.pdf] Text
JUDUL_III.D.1_REGULER 84.pdf

Download (615kB)
[thumbnail of ISI LAPORAN_III.D.1_REGULER 84.pdf] Text
ISI LAPORAN_III.D.1_REGULER 84.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

ABSTRAK
Kuliah Kerja Nyata Kampus Mengajar merupakan kegiatan yang dicanangkan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) sebagai salah satu bagian program merdeka belajar. Tujuan diadakannya kuliah kerja nyata kampus mengajar adalah menghadirkan mahasiswa untuk membantu memberikan solusi bagi pendidikan di Indonesia terutama sekolah yang berada di wilayah 3T. Kegiatan ini dilaksanakan selama 12 minggu yaitu dari tanggal 22 Maret – 25 Juni 2021. Salah satu sekolah yang menjadi sasaran pelaksanaan program ini adalah SD Negeri 3 Lebakwangi.
Pelaksanaan kegiatan dari program Kuliah Kerja Nyata Kampus Mengajar diawali dengan observasi ke lapangan untuk melakukan koordinasi dengan pihak sekolah. Setelah melakukan koordinasi kegiatan selanjutnya yaitu menyusun program kerja yang akan dilaksanakan selama 12 minggu di sekolah penempatan. Program kerja yang disusun dalam pelaksanaan kegiatan disesuikan dengan arahan dari Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) untuk membantu meningkatkan literasi dan numerasi siswa. Terdapat 3 program unggulan yang dilaksanakan mencakup pada aspek kegiatan pembelajaran, administrasi sekolah, dan adaptasi teknologi. Berdasarkan pelaksanaan program kerja yang telah disusun, hasil yang dicapai yaitu memberikan perubahan pada ketiga aspek yang dituju yaitu kegiatan pembelajaran, administrasi sekolah, dan adaptasi teknologi. Secara garis besar, program kerja yang telah disusun dapat dilaksanakan dengan baik sesuai target yang ingin dicapai.
Program Kuliah Kerja Nyata Kampus Mengajar selain selain menjadi wadah bagi mahasiswa untuk mengembangkan dan melatih skill mahasiswa, juga menjadi usaha untuk turut berkontribusi memajukan pendidikan di indonesia melalui inovasi yang dilakukan pada program kerja yang dilaksanakan. Harapannya, dengan kehadiran mahasiswa yang mengikuti Program Kuliah Kerja Nyata Kampus Mengajar dapat membuat perubahan dan menimbulkan dampak positif bagi pendidikan di Indonesia.
Kata kunci : Kampus mengajar, sekolah, program kerja, pendidikan

Item Type: Laporan KKN
Subjects: A General Works > AS Academies and learned societies (General)
Divisi / Prodi: Lembaga Pengbdian pada Masyarakat
Depositing User: Hafidh Ibnu Setiawan
Date Deposited: 15 Jul 2021 05:17
Last Modified: 15 Jul 2021 05:17
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/26576

Actions (login required)

View Item View Item