LAPORAN KKN REG 84 PROGRAM KAMPUS MENGAJAR, PELAKSANAAN PROGRAM KAMPUS MENGAJAR ANGKATAN 1 DI SD NEGERI 3 KEDUNGDAWA KABUPATEN INDRAMAYU DIVISI IV.B.2

Faza, Agni Almas (2021) LAPORAN KKN REG 84 PROGRAM KAMPUS MENGAJAR, PELAKSANAAN PROGRAM KAMPUS MENGAJAR ANGKATAN 1 DI SD NEGERI 3 KEDUNGDAWA KABUPATEN INDRAMAYU DIVISI IV.B.2. [Laporan KKN] (Unpublished)

[thumbnail of JUDUL_IV.B.2_REGULER_84.pdf] Text
JUDUL_IV.B.2_REGULER_84.pdf

Download (308kB)
[thumbnail of ISI LAPORAN_IV.B.2_REGULER_84.pdf] Text
ISI LAPORAN_IV.B.2_REGULER_84.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Program Kampus Mengajar Angkatan 1 (KM 1) merupakan salah satu bagian dari Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM ) yang dadakan oleh Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. KM 1 memiliki pola asistensi, yaitu mendampingi kegiatan mengajar, memberdayakan mahasiswa dalam membantu proses pembelajaran di Sekolah Dasar di berbagai Desa/Kota, salah satunya adalah SD Negeri 3 Kedungdawa Kabupaten Indramayu yang bertempat di Desa Kedungdawa, Kecamatan Gabuswetan, Kabupaten Indramayu, Jawa Barat. Pada program ini, mahasiswa yang terlibat memiliki tanggung jawab dalam membantu pihak sekolah pada beberapa bidang utama yaitu literasi, numerasi, adaptasi teknologi, dan membantu bidang administrasi sekolah. Selain itu, mahasiswa memiliki tanggung jawab dalam memperbaiki karakter siswa dan meningkatkan minat belajar siswa selama masa pandemi ini. Hasil dari Program ini yakni sebagai penanaman empati dan kepekaan sosial pada diri mahasiswa terhadap permasalahan kehidupan masyarakat yang ada di sekitarnya; meningkatkan kemampuan kognitif siswa, mengasah keterampilan berpikir dalam bekerja bersama lintas bidang ilmu dan ragam asal mahasiswa dalam menyelesaikan masalah yang dihadapi; mengembangkan wawasan, karakter dan Soft Skills mahasiswa; mendorong dan memacu pembangunan nasional dengan menumbuhkan motivasi masyarakat untuk berpartisipasi dalam pembangunan; serta meningkatkan peran dan kontribusi nyata perguruan tinggi dan mahasiswa dalam pembangunan nasional.
Kata Kunci : Kampus Mengajar, Siswa, Minat Belajar

Item Type: Laporan KKN
Subjects: A General Works > AS Academies and learned societies (General)
Divisi / Prodi: Lembaga Pengbdian pada Masyarakat
Depositing User: Agni Almas Faza
Date Deposited: 17 Jul 2021 04:58
Last Modified: 17 Jul 2021 04:58
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/26579

Actions (login required)

View Item View Item