LAPORAN KKN REGULER 84 KAMPUS MENGAJAR Program Pendampingan Literasi , Adaptasi Teknologi , Administrasi di SDI Unggulan Al Azhar Klaten. DIVISI II.D.1 TAHUN 2020/2021

Desy Rahmadhani, Arnetha (2021) LAPORAN KKN REGULER 84 KAMPUS MENGAJAR Program Pendampingan Literasi , Adaptasi Teknologi , Administrasi di SDI Unggulan Al Azhar Klaten. DIVISI II.D.1 TAHUN 2020/2021. [Laporan KKN] (Unpublished)

[thumbnail of JUDUL_II.D.1_REGULER 84.pdf] Text
JUDUL_II.D.1_REGULER 84.pdf

Download (223kB)
[thumbnail of ISI LAPORAN_II.D.1_REGULER 84.pdf] Text
ISI LAPORAN_II.D.1_REGULER 84.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

ABSTRAK
Program Kampus Mengajar Angkatan 1 Tahun 2021 merupakan bagian dari program Kampus Merdeka yang bertujuan untuk memberikan kesempatan kepada mahasiswa belajar dan mengembangkan diri melalui aktivitas di luar kelas perkuliahan. Di program kampus mengajar, mahasiswa ditempatkan di sekolah dasar yang berada di daerah 3T (Terdepan, Terluar, Tertinggal) untuk membantu proses belajar mengajar dalam mengatasi ketertinggalan pembelajaran pada masa pandemic saat ini.
Salah satu sekolah yang terpilih untuk dijadikan tempat program kampus mengajar ini adalah SDI Unggulan Al Azhar yang ada di Kota Klaten Jawa Tengah. Pelaksanaan program kampus mengajar angkatan 1, di laksanakan selama kurang lebih 3 bulan di mulai dari bulan Maret hingga bulan Juni. Kegiatan ini di awali dengan pembekalan selama sepekan yang dilaksanakan melalui platform digital yaitu zoom dan youtube oleh panitia pelaksana. Kemudian, mahasiswa di terjunkan oleh Dosen Pembimbing Lapangan kepada pihak sekolah. Setelah itu barulah mahasiswa peserta kampus mengajar dapat melaksanakan kegiatan tersebut di sekolah tujuan.
Kegiatan ini memfokuskan mahasiswa untuk membantu meningkatkan kemampuan peserta didik khususnya pada bidang literasi dan numerasi, membantu dalam aspek adaptasi teknologi dimana pada masa pandemi ini semua sektor melakukan kegiatan secara daring termasuk dalam proses pembelajaran. Maka dari itu, di butuhkan adaptasi teknologi agar proses pembelajaran dapat berjalan dengan baik. Selain itu, mahasiswa juga membantu dalam administrasi sekolah maupun administrasi guru. Selama kegiatan berlangsung, mahasiswa turut aktif dan berkontribusi dalam program kampus mengajar angkatan 1 tahun 2021.
Kata kunci : Kampus Mengajar, Sekolah Dasar

Item Type: Laporan KKN
Subjects: A General Works > AS Academies and learned societies (General)
Divisi / Prodi: Lembaga Pengbdian pada Masyarakat
Depositing User: Arnetha Desy Rahmadhani
Date Deposited: 15 Jul 2021 03:32
Last Modified: 15 Jul 2021 03:32
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/26609

Actions (login required)

View Item View Item