PENGGUNAAN REBT UNTUK MEREDUKSI PERILAKUI MENCONTEK PADA SISWA SEKOLAH MENENGAH

dody, hartanto (2011) PENGGUNAAN REBT UNTUK MEREDUKSI PERILAKUI MENCONTEK PADA SISWA SEKOLAH MENENGAH. Contemporary and Creative Counseling Techniques : How To Improve Your Counceling Skills and to be More Creative in Counceling Sessions., 1. pp. 66-75. ISSN 978-979-1017-39-8

[thumbnail of Contemporary_and_Creative_Counseling_Techniques.pdf] PDF
Contemporary_and_Creative_Counseling_Techniques.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (9MB)

Abstract

Artikel ini didasarkan pada penelitian yang dilakukan di SMP PGRI Pondok Gede Jakarta pada tahun 2009. Perilaku mencontek merupakan permasalahan yang ada setiap jenjnag pendidikan, salah satunya di Sekolah Menengah Pertama. Perilakuy mencontek pada level sekolah menengah lebih banyak dilakukan dalam bentuk social-active, yaitu perilkau mencontek dimana siswa menyalin, melihat atau meminta jawaban dari orang. Alasan siswa mencontek di tingkat SMP sendiri dominan pada motivasi berprestasi pada siswa khususnya keinginan mwendapatkan nilai yang tinggi dan tuntutan dari orang tua yang berlebihan. Penggunaan REBT dalam mereduksi masalah menyontek tidak pada keseluruhan area atau domain, akan tetapi secara khusu terarah pada diperlakukan tidak adil oleh guru (tidak mendapat perhatian), menganggap pelajaran yang diujuikan tidak penting, berpikir perilaku mencontek tidak akan diketahui, merasa cemas saat ujian, merasa takut dijauhi oleh teman teman-teman, serta ketidakyakinan dengan jawaban (mengganti jawaban berulang kali).

Item Type: Artikel Umum
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisi / Prodi: Faculty of Teacher Training and Education (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan) > S1-Guidance Counseling (S1-Bimbingan Konseling)
Depositing User: Prodi PGSD
Date Deposited: 12 Nov 2015 23:29
Last Modified: 12 Nov 2015 23:29
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/2666

Actions (login required)

View Item View Item