KULIAH KERJA NYATA PROGRAM PENDAMPINGAN LITERASI, ADAPTASI TEKNOLOGI, ADMINISTRASI DI SD NEGERI KELEBUH UNIVERSITAS AHMAD DAHLAN Periode Reguler 84 DIVISI IV.B.3 Tahun Akadmik 2020/2021

Arya Putra, Tatas (2021) KULIAH KERJA NYATA PROGRAM PENDAMPINGAN LITERASI, ADAPTASI TEKNOLOGI, ADMINISTRASI DI SD NEGERI KELEBUH UNIVERSITAS AHMAD DAHLAN Periode Reguler 84 DIVISI IV.B.3 Tahun Akadmik 2020/2021. [Laporan KKN] (Unpublished)

[thumbnail of JUDUL_IV.B.3_REGULER 84.pdf] Text
JUDUL_IV.B.3_REGULER 84.pdf

Download (653kB)
[thumbnail of ISI LAPORAN_IV.B.3_REGULER 84.pdf] Text
ISI LAPORAN_IV.B.3_REGULER 84.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Dalam menjamin kualitas pendidikan, pemerintah dalam hal ini Kementerian
Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia berupaya membangun pendidikan
berpegang pada salah satu tujuan bangsa yang tertuang dalam pembukaan Undang-undang
Dasar (UUD) 1945 alinea ke 4 (empat) yang berbunyi “mencerdaskan kehidupan bangsa”.
Pada saat ini, terobosan-terobosan baru untuk meningkatkan kualitas pendidikan di
Indonesia banyak dilakukan oleh pemerintah. Kemeterian Pendidikan dan Kebudayaan
Republik Indonesia saat ini mengeluarkan sebuah program luar biasa yang dinamakan
Kampus Merdeka. Kampus Merdeka merupakan sebuah program baru dari Menteri
Pendidikan yang memberikan kesempatan mahasiswa untuk belajar di luar program studi.
Salah satu contoh program dari Kampus Merdeka adalah program Kampus Mengajar.
Kampus mengajar merupakan sebuah program yang memberikan kesempatan bagi
mahasiswa Indonesia untuk berkontribusi nyata dalam upaya meningkatkan kualitas
pendidikan di Indonesia.
Dalam hal ini penulis melaksanakan program Kampus Mengajar di SD Negeri
Kelebuh. Program dilaksanakan selama 3 bulan mulai dari tanggal 23 maret - 26 juni 2021.
Terdapat beberapa program kegiatan yang dilakukan seperti program keilmuan (mengajar
literasi, numerasi, Bahasa asing), program adaptasi teknologi, membantu administrasi guru
dan sekolah, program seni dan olah raga serta program keagamaan (Hafalan dan adzan).
Pada tahap persiapan program, tidak terdapat hambatan yang berarti. Hal ini dikarenakan
segala persiapan dilakukan dengan baik serta mengikuti arahan dari panitia serta Dosen
Pembimbing Lapangan. Pada tahap pelaksanaan juga berjalan dengan baik, hal ini terlihat
dari kelancaran dan keberhasilan program yang dilakukan. Pada program keilmuan,
siswa/siswi mampu menerapkan materi pembelajaran literasi, numerasi, dan Bahasa asing
dengan baik. Pada program adaptasi teknologi, siswa/siswi dan guru mendapat pemahaman
baru tentang tata cara pemanfaatan teknologi baik hardware maupun software. Pada program
seni & olah raga, siswa/siswi dapat menyanyikan banyak lagu nasional serta dapat bermain
sambil belajar. Pada program membantu administrasi sekolah, guru-guru mendapatkan
kemudahan dalam hal efisiensi waktu dan biaya karena adanya program ini. Dan terakhir
yakni program keagamaan, siswa/siswi mampu menghafalkan banyak ayat-ayat suci Al�qur’an dan juga siswa laki-laki mampu melafazkan adzan dengan baik

Item Type: Laporan KKN
Subjects: A General Works > AS Academies and learned societies (General)
Divisi / Prodi: Lembaga Pengbdian pada Masyarakat
Depositing User: TATAS ARYA PUTRA
Date Deposited: 17 Jul 2021 20:09
Last Modified: 17 Jul 2021 20:09
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/26729

Actions (login required)

View Item View Item