Jenis Jenis Burung di Kawasan Kampus 4 Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta

Wicaksana, Ragil and Setyawan, Danni and RESDIANNINGSIH, KENNI and Al-Isnaeni, Bilqies and Subagja, Roby and Husna, Husna and Utami, Inggita (2020) Jenis Jenis Burung di Kawasan Kampus 4 Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta. Jurnal Riset Daerah, 20 (3). pp. 3745-3766. ISSN 1412-9519

[thumbnail of Jurnal riset daerah burung kampus 4.pdf] Text
Jurnal riset daerah burung kampus 4.pdf - Published Version

Download (4MB)

Abstract

Kampus 4 Universitas Ahmad Dahlan (UAD) adalah kampus baru yang terletak di Kabupaten Bantul, D.I.Yogyakarta. Kawasan Kampus 4 UAD merupakan salah satu bagian dari kantong habitat penting bagi jenis-jenis burung yang ada di Kabupaten Bantul. Alih fungsi lahan karena adanya pembangunan pemukiman urban di kawasan ini dapat memengaruhi jenis-jenis burung yang ada. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mendata jenis-jenis burung yang ada di kawasan Kampus 4 UAD. Penelitian dilaksanakan pada tiga bulan yang berbeda, yaitu bulan September 2019, Januari 2020, dan September 2020. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu pengamatan metode jelajah dikombinasikan dengan Visual Encounter Survey (VES). Pengamatan dilaksanakan pada tiga waktu berbeda, dari pagi hingga sore hari. Burung yang teramati diidentifikasi menggunakan buku panduan lapangan Burung-Burung di Sumatera, Jawa, Bali dan Kalimantan. Data spesies burung yang tercatat kemudian divalidasid dan dicocokan dengan buku Daftar Burung Daerah Istimewa Yogyakarta khususnya pada kawasan Kabupaten Bantul. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan, jenis-jenis burung yang teramati di kawasan Kampus 4 UAD terdiri dari 21 spesies yang berasal dari 12 suku. Jumlah spesies yang ditemukan mengalami peningkatan dari 7 spesies pada bulan September 2019 menjadi 19 spesies pada bulan September 2020.

Item Type: Artikel Umum
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Divisi / Prodi: Faculty of Applied Science and Technology (Fakultas Sains Dan Teknologi Terapan) > S1-Biology (S1-Biologi)
Depositing User: M.Sc. Inggita Utami
Date Deposited: 28 Jul 2021 02:28
Last Modified: 28 Jul 2021 02:28
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/27029

Actions (login required)

View Item View Item