Upaya Meningkatkan Keaktifan Siswa Menggunakan Lembar Kegiatan Siswa (LKS) Dengan Metode Diskusi Kelompok Pada Pembelajaran Matematika Kelas XI Semester I SMK Muhammadiyah Bandongan Kabupaten Magelang Tahun Pelajaran 2013/2014

Agus Susila, Penulis and Abdul Taram, Pembimbing Upaya Meningkatkan Keaktifan Siswa Menggunakan Lembar Kegiatan Siswa (LKS) Dengan Metode Diskusi Kelompok Pada Pembelajaran Matematika Kelas XI Semester I SMK Muhammadiyah Bandongan Kabupaten Magelang Tahun Pelajaran 2013/2014. Upaya Meningkatkan Keaktifan Siswa Menggunakan Lembar Kegiatan Siswa (LKS).

[thumbnail of Jurnal] PDF (Jurnal)
Upaya_Meningkatkan_Keaktifan_Siswa_Menggunakan_Lembar_Kegiatan_Siswa_(LKS)_Dengan_Metode_Diskusi_Kelompok_Pada_Pembelajaran_Matematika_Kelas_XI_Semester_I_SMK_Muhammadiyah_Bandongan_Kabupaten_Magelang.pdf

Download (79kB)

Abstract

Pembelajaran yang aktivitas siswanya rendah akan
berpengaruh pada hasil belajar siswa. Untuk itu perlu adanya upaya tertentu untuk meningkatkan keaktifan siswa. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keaktifan siswa dalam pembelajaran matematika dengan menggunakan lembar kegiatan siswa (LKS) dengan metode diskusi kelompok pada siswa kelas XI TKR B semester I SMK Muhammadiyah Bandongan Kabupaten Magelang tahun pelajaran 2013/2014.
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Tindakan dilakukan dalam tiga siklus. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI TKR B semester I SMK Muhammadiyah Bandongan Kabupaten Magelang Tahun Pelajaran 2013/2014. Objek penelitian ini adalah keaktifan siswa dalam pembelajaran matematika menggunakan LKS dengan meto
de diskusi kelompok di kelas XI SMK Muhammadiyah Bandongan Kabupaten Magelang. Data dikumpulkan dengan metode observasi, wawancara dan tes ulangan harian. Analisis data yang digunakan adalah deskiptif kuali
tatif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran matematika menggunakan lembar kegiatan siswa (LKS) dengan metode diskusi kelompok dapat meningkatkan keaktifan siswa pada siklus I, siklus II, dan siklus III dari segi proses maupun hasil. Dari hasil observasi pada siklus I prosentase keaktifan siswa 30,38% (kurang), pada siklus II meningkat menjadi 48,85% (cukup), dan pada siklus III meningkat menjadi sebesar 65,83% (baik).

Item Type: Artikel Umum
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Sdr Tunggal Pribadi Perpustakaan UAD
Date Deposited: 03 Dec 2015 06:47
Last Modified: 03 Dec 2015 06:51
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/2726

Actions (login required)

View Item View Item