KULIAH KERJA NYATA PEMBELAJARAN PEMBERDAYAAN MASYARAKAT UNIVERSITAS AHMAD DAHLAN Periode 71 DIVISI I.D.1 Tahun Akademik 2020/2021

Mustika Astuti, Sagung and Nurvitasari, Silvi and Novita Dewi, Syamsa and Agnadias Alfasha, Ihza and Tri Antika estuti, Tita and Septian Hartono, Dimas and Basiluddin, Mayanno and Fajar Umbara Mukti, Galih and Fanda Syafitri, Nabila (2021) KULIAH KERJA NYATA PEMBELAJARAN PEMBERDAYAAN MASYARAKAT UNIVERSITAS AHMAD DAHLAN Periode 71 DIVISI I.D.1 Tahun Akademik 2020/2021. [Laporan KKN] (Unpublished)

[thumbnail of JUDUL_I.D.1_ALTERNATIF 71.pdf] Text
JUDUL_I.D.1_ALTERNATIF 71.pdf

Download (246kB)
[thumbnail of ISI_LAPORAN_I.D.1_ALTERNATIF 71.pdf] Text
ISI_LAPORAN_I.D.1_ALTERNATIF 71.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Kuliah Kerja Nyata yaitu proses pembelajaran mahasiswa dari serangkaian kegiatan yang langsung berada ditengah-tengah masyarakat, dan mahasiswa berusaha agar menjadi bagian dari masyarakat serta secara aktif dan kreatif terlibat dalam dinamika yang terjadi di masyarakat. Kuliah Kerja Nyata (KKN) adalah salah satu wujud pengabdian mahasiswa perguruan tinggi kepada masyarakat lewat pemberian bantuan pemberdayaan, pelatihan, penyuluhan, pembimbingan, pendampingan dan untuk menyadarkan potensi yang dimiliki, serta membantu meningkatkan kualitas hidup dan pembangunan. Mahasiswa akan mendapatkan kemampuan generatif berupa life skills (kecakapan / ketrampilan hidup). Observasi dilakukan dengan metode: (1) wawancara, (2) dokumentasi, dan (3) observasi. Berdasarkan hasil observasi maka ditentukan program kerja KKN kelompok yang akan dilaksanakan meliputi program kelompok fisik dan program kelompok non fisik. Program kelompok fisik yaitu kerja bakti kampung, posterisasi, pendataan penduduk, permainan, perbaikan dan pengembangan di lingkungan masyarakat, sedangkan program kelompok nonfisik yaitu pendampingan bimbingan belajar, dan senam sehat bersama masyarakat. Dilihat dari program-program tersebut maka mahasiswa berperan sebagai fasilitator, dinamisator dan motivator. Pelaksanaan program kerja yang dimulai dari tanggal 02 Juni 2021 – 02 Agustus 2021 ini relatif berjalan lancar. Dengan demikian, setelah kegiatan KKN berakhir diharapkan para warga RW 12 Sorosutan dapat terus mengembangkan segala potensi yang ada pada dirinya dan alam sekitarnya. Dan setiap kegiatan yang telah berlangsung secara kontinyu tetap dipertahankan untuk membekali diri sebagai bekal dikemudian hari.

Item Type: Laporan KKN
Subjects: A General Works > AS Academies and learned societies (General)
Divisi / Prodi: Lembaga Pengbdian pada Masyarakat
Depositing User: SAGUNG MUSTIKA ASTUTI
Date Deposited: 13 Aug 2021 17:10
Last Modified: 13 Aug 2021 17:10
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/27296

Actions (login required)

View Item View Item