PENGAWASAN MUTU PROSES PRODUKSI PENGALENGAN PRODUK MACKEREL

Ariska rafi, Tri Yaningsih (2021) PENGAWASAN MUTU PROSES PRODUKSI PENGALENGAN PRODUK MACKEREL. [Laporan KP] (Unpublished)

[thumbnail of Pengawasan Mutu Proses Produksi Pengalengan Ikan Mackerel_Ariska Rafi TY_KP.pdf] Text
Pengawasan Mutu Proses Produksi Pengalengan Ikan Mackerel_Ariska Rafi TY_KP.pdf

Download (611kB)

Abstract

RINGKASAN

Pengalengan merupakan pengawetan pangan menggunakan kemasan tertutup dengan cara dipanaskan untuk membunuh mikroorganisme patogen penyebab kebusukan beserta spora dan menginaktivasi enzim yang dapat merusak mutu. Pengalengan dapat mempertahankan daya simpan produk lebih dari enam bulan. Salah satu upaya untuk memperpanjang umur simpan ikan yaitu dengan sterilisasi. Pengawasan mutu proses produksi pengalengan produk mackerel meliputi penimbangan ulang, exhausting, penirisan, pengisian saus, sterilisasi dan pendinginan. Tujuan dari kerja praktik ini yaitu untuk mengetahui proses pengawasan mutu proses produksi pengalengan produk mackerel, untuk mengidentifikasi pengawasan mutu, untuk mengetahui faktor yang mempengaruhi sterilisasi di PT Maya Food Industries. Metode yang digunakan dalam pengambilan data antara lain wawancara, pengamatan, studi pustaka, dokumentasi data-data dan aktivitas secara langsung. Spesifikasi perusahaan untuk saus pada parameter warna dan rasa dengan nilai A-Ab, untuk kekentalan dengan nilai A, kemudian untuk parameter brix berkisar 8-9 dan pH 4-5. Spesifikasi perusahaan untuk ikan dengan parameter kesegaran, rasa dan bentuk dengan nilai A-B. Kemudian untuk parameter jumlah ikan untuk kaleng besar berisi 4-5 ikan dan untuk kaleng kecil berisi 2-3 ikan. Untuk pengujian fisik, sensori, kimia dan biologi dilakukan oleh Laboratorium eksternal yang mengacu pada SNI 8222:2016. Dari keseluruhan parameter yang diawasi sudah sesuai dengan spesifikasi perusahaan dan SNI 8222:2016, hal ini menujukan bahwa pengawasan mutu pada proses produksisudah dilaksanakan dengan baik.

Item Type: Laporan KP
Subjects: T Technology > TD Environmental technology. Sanitary engineering
Divisi / Prodi: Faculty of Industrial Technology (Fakultas Teknologi Industri) > S1-Food Technology (S1-Teknologi Pangan)
Depositing User: Ariska Rafi
Date Deposited: 15 Aug 2021 10:36
Last Modified: 15 Aug 2021 10:36
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/27316

Actions (login required)

View Item View Item