Analisis Penilaian Sanitasi dan Higiene Sarana Produksi dan Distribusi Pelaku Usaha Pangan Segar Asal Tumbuhan (PSAT) Komoditas Beras Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Kebumen

Furayda, Nadya (2021) Analisis Penilaian Sanitasi dan Higiene Sarana Produksi dan Distribusi Pelaku Usaha Pangan Segar Asal Tumbuhan (PSAT) Komoditas Beras Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Kebumen. [Laporan KP] (Unpublished)

[thumbnail of KP_1800033064_JUDUL.pdf] Text
KP_1800033064_JUDUL.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of KP_1800033064_ISI.pdf] Text
KP_1800033064_ISI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Sanitasi dan higiene merupakan bentuk usaha untuk menjaga kualitas dan keamanan pangan. Pembinaan dan evaluasi sanitasi dan higiene kepada pelaku usaha Pangan Segar Asal Tumbuhan (PSAT) merupakan salah satu bentuk usaha pemerintah dalam menjamin keamanan pangan yang akan dikonsumsi oleh masyarakat. Metode pelaksanaan penilaian sanitasi dan higiene pada pelaku usaha PSAT yaitu dengan melakukan inspeksi lapangan secara berkala berupa pengawasan, pembinaan, dan evaluasi pada pelaku usaha untuk mengetahui konsistensi pelaku usaha dalam menerapkan sanitasi dan higiene, serta menerapkan audit internal sebagai dasar untuk evaluasi rutin agar sanitasi dan higiene pada proses produksi tetap terjaga. Penelitian ini dilaksanakan di salah satu pelaku usaha PSAT komoditas beras yang ada di daerah Kebumen yaitu rumah kemas UD. Daffa. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode kuantitatif dengan cara survei langsung ke lokasi untuk melakukan pengawasan, pembinaan, dan evaluasi. Evaluasi penerapan sanitasi dan higiene di UD. Daffa dilakukan sebanyak dua kali yaitu sebelum dan sesudah pembinaan. Hasil dari evaluasi pertama, penerapan sanitasi dan higiene pada rumah kemas UD. Daffa berada di level IV. Kemudian setelah dilakukan evaluasi dan pembinaan, hasil penerapan sanitasi higiene di UD. Daffa naik menjadi level I. Pengawasan, pembinaan dan evaluasi penerapan sanitasi dan higiene rumah produksi PSAT bermanfaat untuk mendapatkan sertifikasi produk beras yang aman dan berkualitas.

Kata kunci: sanitasi, higiene, PSAT, kemas.

Item Type: Laporan KP
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisi / Prodi: Faculty of Industrial Technology (Fakultas Teknologi Industri) > S1-Food Technology (S1-Teknologi Pangan)
Depositing User: Nadya Furayda
Date Deposited: 16 Aug 2021 01:34
Last Modified: 16 Aug 2021 01:34
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/27327

Actions (login required)

View Item View Item