Inovasi Pengolahan Produk Pangan Lokal Berbahan Salak Kecandran (Salacca zalacca) Di Desa Kecandran Kecamatan Sidomukti Kota Salatiga Provinsi Jawa Tengah

Cahyaningsih, Indah Wulan (2021) Inovasi Pengolahan Produk Pangan Lokal Berbahan Salak Kecandran (Salacca zalacca) Di Desa Kecandran Kecamatan Sidomukti Kota Salatiga Provinsi Jawa Tengah. [Laporan KP] (Submitted)

[thumbnail of 1700033017_TeknologiPangan_KerjaPraktik.pdf] Text
1700033017_TeknologiPangan_KerjaPraktik.pdf

Download (367kB)

Abstract

Pangan merupakan salah satu pilar ketahanan nasional. Indonesia merupakan negara agraris yang memiliki aneka sumber pangan yang melimpah terutama dari bahan baku lokal Oleh karena itu sumber pangan lokal harus dikembangkan menjadi produk olahan yang menarik dan memiliki kandungan nilai gizi yang tinggi, serta mampu menjadi makanan pokok alternatif lainnya. Produk pangan lokal Indonesia sangat beranekaragam dan melimpah, sehingga memiliki potensi dalam mewujudkan kemandirian pangan nasional, sehingga dapat mempercepat tercapainya ketahanan pangan nasional. Dinas Pangan Kota Salatiga memiliki peran yang sangat penting dalam mengembangkan hasil bumi yang ada di Salatiga untuk menjadi sebuah produk yang memiliki nilai ekonomis yang tinggi. Program binaan APPL di Kota Salatiga dapat membentuk beberapa kelompok pengolahan pangan lokal yang setiap kelompoknya bahan lokal yang digunakan berbeda-beda. Bahan lokal yang digunakan salah satunya salak Kecandran. Salak kecandran diolah menjadi berbagai produk makanan yang kemudian dijual kepada konsumen.
Kata kunci: Pangan Lokal, Pengolahan Pangan, Inovasi Pangan, Salak Kecandran

Item Type: Laporan KP
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
T Technology > T Technology (General)
Divisi / Prodi: Faculty of Industrial Technology (Fakultas Teknologi Industri) > S1-Food Technology (S1-Teknologi Pangan)
Depositing User: Indah Wulan Cahyaningsih
Date Deposited: 17 Aug 2021 08:08
Last Modified: 17 Aug 2021 08:08
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/27340

Actions (login required)

View Item View Item