Identifikasi Kandungan Formalin dan Residu Pestisida pada Pangan Segar Asal Tumbuhan (PSAT) dan Pangan Olahan di Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah

Lestari, Wiajeng Dayani (2021) Identifikasi Kandungan Formalin dan Residu Pestisida pada Pangan Segar Asal Tumbuhan (PSAT) dan Pangan Olahan di Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah. [Laporan KP] (Unpublished)

[thumbnail of JUDUL KP_1800033075_TEK.PANGAN.pdf] Text
JUDUL KP_1800033075_TEK.PANGAN.pdf

Download (391kB)
[thumbnail of ISI LAPORAN_1800033075_TEK.PANGAN.pdf] Text
ISI LAPORAN_1800033075_TEK.PANGAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (867kB)

Abstract

Saat ini banyak bahan yang ditambahkan ke dalam bahan pangan dengan tujuan memperpanjang umur simpan dan menambah kualitas produk. Tidak semua bahan yang ditambahkan dalam bahan dan produk pangan oleh produsen aman bagi kesehatan, salah satunya penggunaan formalin sebagai pengawet makanan. Selain penggunaan formalin sebagai pengawet, penggunaan pestisida sebagai alternatif pengendalian hama dan penyakit tanaman pada Pangan Segar Asal Tumbuhan (PSAT) yang berlebih juga dapat memberi dampak negatif bagi kesehatan manusia. Penggunaan formalin sebagai pengawet pada pangan olahan dan residu pestisida pada Pangan Segar Asal Tumbuhan (PSAT) dapat memberikan dampak merugikan bagi kesehatan manusia. Penelitian ini bertujuan mengetahui apakah komoditas Pangan Segar Asal Tumbuhan (PSAT) dan pangan olahan yang beredar di Kabupaten Kebumen mengandung formalin dan residu pestisida. Sampel pangan yang diuji adalah Pangan Segar Asal Tumbuhan (PSAT) dan pangan olahan yang diambil secara acak di pasar sekitar Kabupaten Kebumen yaitu Pasar Tumenggungan dan Pasar Wonokriyo. Pengujian kandungan formalin dan residu pestisida menggunakan metode kolorimetri. Dengan menggunakan Tes Kit Uji Formalin merk Antilin dan Tes Kit Uji Residu Pestisida merk Merck. Hasil penelitian menunjukkan 91% sampel di pasar sekitar Kebumen masih terdapat kandungan formalin dan residu pestisida pada PSAT dan pangan olahan yang tidak memenuhi syarat mutu keamanan pangan.

Item Type: Laporan KP
Subjects: Q Science > QD Chemistry
S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisi / Prodi: Faculty of Industrial Technology (Fakultas Teknologi Industri) > S1-Food Technology (S1-Teknologi Pangan)
Depositing User: Wiajeng Dayani Lestari
Date Deposited: 18 Aug 2021 02:00
Last Modified: 18 Aug 2021 02:00
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/27350

Actions (login required)

View Item View Item