POSTUR KERJA, KEBIASAAN MEROKOK DENGAN KELUHAN MUSCULOSKELETAL DISORDERS PADA PEKERJA PRODUKSI AREA TFD 500 PT.SGM YOGYAKARTA

Mayra Salma Annisa, Nur and Eko Artanto, Machfudz (2020) POSTUR KERJA, KEBIASAAN MEROKOK DENGAN KELUHAN MUSCULOSKELETAL DISORDERS PADA PEKERJA PRODUKSI AREA TFD 500 PT.SGM YOGYAKARTA. Jurnal Publikasi Kesehatan Masyarakat Indonesia, 7 (3). ISSN P-ISSN : 2407-1625 E-ISSN : 2581-0901 (Submitted)

[thumbnail of URL artikel] Other (URL artikel)
11264 - Accepted Version

Download (35kB)
[thumbnail of HASIL CEK SIMILARITY] Text (HASIL CEK SIMILARITY)
HASIL CEK_60160928_3. JPKMI.pdf - Supplemental Material

Download (1MB)
[thumbnail of PEER REVIEW] Text (PEER REVIEW)
Review Jurnal Publikasi Kesehatan Masyarakat Indonesia Postur Kerja.pdf - Supplemental Material

Download (1MB)

Abstract

Pekerja yang melakukan pekerjaan dengan postur kerja yang membungkuk, mengangkat dan gerakan berulang dengan jangka waktu yang lama, dapat menyebabkan keluhan nyeri pada bagian otot skeletal atau gejala Musculoskeletal Disorder (MSDs). Keluhan MSDs dapat disebabkan beberapa faktor seperti postur kerja yang janggal dan kebiasaan merokok. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan postur kerja, kebiasaan merokok dengan keluhan MSDs pada pekerja produksi di area TFD 500 PT Sarihusada Generasi Mahardhika Yogyakarta. Jenis penelitian ini yaitu penelitian kuantitatif dengan rancangan penelitian cross sectiona. Penelitian dilaksanakan pada bulan juli-agustus 2020. Jumlah sampel dalam penelitian ini 40 responden, teknik sampling menggunakan totality sampling. Instrument untuk mengukur keluhan MSDs yaitu menggunakan lembar Nordic Body Map, kebiasaan merokok menggunakan lembar data responden, dan postur keja menggunakan Workplace Ergonomic Risk Assesment (WERA). Analisis data menggunakan uji fisher exact. Hasil penelitian berdasarkan analisis bivariat menunjukkan ada hubungan antara postur kerja (p value sebesar 0,026 ˂ 0,05) dan kebiasaan merokok (p value sebesar 0,002 ˂ 0,05) dengan keluhan MSDs. Kesimpulan terdapat hubungan secara statistik antara postur kerja dan kebiasaan merokok dengan keluhan MSDs pada pekerja produksi di area TFD 500 PT Sarihusada Generasi Mahardhika Yogyakarta.

Kata-kata kunci : Postur Kerja, Kebiasaan Merokok, Musculoskeletal Disorder (MSDs).

Item Type: Artikel Umum
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
Divisi / Prodi: SDM Univesitas Ahmad Dahlan
Depositing User: SKM., M.Sc Machfudz Eko Arianto
Date Deposited: 18 Aug 2021 06:11
Last Modified: 18 Aug 2021 06:11
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/27364

Actions (login required)

View Item View Item