EVALUASI MUTU BAHAN BAKU BAKPIA SINGLE KEJU SELAMA PENYIMPANAN DI CV ZOEHADA PANGAN KREATIF YOGYAKARTA

Kurniawan, Shabrina Salsabillah Putri (2021) EVALUASI MUTU BAHAN BAKU BAKPIA SINGLE KEJU SELAMA PENYIMPANAN DI CV ZOEHADA PANGAN KREATIF YOGYAKARTA. [Laporan KP] (Unpublished)

[thumbnail of KP_1800033110_EVALUASI MUTU BAHAN BAKU BAKPIA SINGLE KEJU SELAMA PENYIMPANAN DI CV ZOEHADA PANGAN KREATIF YOGYAKARTA.pdf] Text
KP_1800033110_EVALUASI MUTU BAHAN BAKU BAKPIA SINGLE KEJU SELAMA PENYIMPANAN DI CV ZOEHADA PANGAN KREATIF YOGYAKARTA.pdf

Download (686kB)
[thumbnail of KP_1800033110_ISI LAPORAN.pdf] Text
KP_1800033110_ISI LAPORAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (776kB)

Abstract

Bakpiapia Djogdja merupakan merek produk bakpia yang diproduksi oleh perusahaan CV Zoehada Pangan Kreatif Yogyakarta. Pada awalnya, Bakpiapia Djogdja merupakan usaha dalam skala rumahan (home industry) dan kemudian mampu berkembang menjadi perusahaan yang lebih besar karena tingginya permintaan pasar. Kualitas (mutu), nutrisi, viariasi rasa, aroma dan tekstur tentu menjadi faktor-faktor penting yang harus dipertimbangkan dalam memproduksi bakpia sehingga selera dan permintaan pasar tetap tinggi. Namun, permasalahan umum yang sering dihadapi oleh perusahaan dalam memproduksi suatu produk pangan adalah terjadinya penurunan mutu produk yang dihasilkan. Beberapa faktor yang dapat mempengaruhi mutu produk adalah sumber mutu bahan baku, proses penyimpanan, pengolahan dan pengemasan. Dari beberapa faktor tersebut, proses pengendalian mutu bahan baku selama penyimpanan menjadi pilihan dalam kerja praktik ini karena kerusakan bahan baku sering terjadi pada saat penyimpanan. Data-data kerja praktik ini diperoleh dengan beberapa cara, yaitu observasi dengan mengamati dan mengikuti kegiatan di industri dari penerimaan bahan baku hingga menjadi produk akhir yang siap dikemas. Selain itu, data-data juga diperoleh melalui hasil interview beberapa staf. Standar mutu bahan baku bakpia juga digunakan dalam observasi ini untuk memastikan mutu bahan baku yang sesungguhya. Hasil dari observasi ini menunjukkan bahwa pengendalian mutu bahan baku bakpia single keju selama proses penyimpanan di Bakpiapia Djogdja adalah kurang baik. Hal ini ditunjukkan oleh penempatan bahan baku tidak rapi, kurangya penerapan program sanitasi, suhu penyimpanan kurang diperhatikan, tanggal kadaluarasa kurang diperhatikan, dan kondisi gudang kurang terjaga. Berdasarkan hasil observasi ini, disarankan agar perusahaan memperbaiki segala kekurangan tersebut sehingga mutu Bakpiapia Djogdja tetap terjaga.

Item Type: Laporan KP
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisi / Prodi: Faculty of Industrial Technology (Fakultas Teknologi Industri) > S1-Food Technology (S1-Teknologi Pangan)
Depositing User: Shabrina Salsabillah Putri Kurniawan
Date Deposited: 21 Aug 2021 19:20
Last Modified: 21 Aug 2021 19:20
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/27391

Actions (login required)

View Item View Item