IMPLEMENTASI PENGUATAN KARAKTER NILAI INTEGRITAS MELALUI BUKU KEGIATAN HARIAN SISWA SD MUHAMMADIYAH KADISOKA YOGYAKARTA

Waskito, Ardisa Pangestu Nur and Suyitno, Suyitno (2020) IMPLEMENTASI PENGUATAN KARAKTER NILAI INTEGRITAS MELALUI BUKU KEGIATAN HARIAN SISWA SD MUHAMMADIYAH KADISOKA YOGYAKARTA. [Artikel Dosen]

[thumbnail of IMPLEMENTASI PENGUATAN KARAKTER NILAI INTEGRITAS MELALUI BUKU KEGIATAN HARIAN SISWA SD MUHAMMADIYAH KADISOKA YOGYAKARTA.pdf] Text
IMPLEMENTASI PENGUATAN KARAKTER NILAI INTEGRITAS MELALUI BUKU KEGIATAN HARIAN SISWA SD MUHAMMADIYAH KADISOKA YOGYAKARTA.pdf

Download (221kB)
[thumbnail of HASIL CEK SIMILARITY] Text (HASIL CEK SIMILARITY)
HASIL CEK_60160944_IMPLEMENTASI PENGUATAN KARAKTER NILAI.pdf - Supplemental Material

Download (2MB)
[thumbnail of Hasil Review Sejawat Jurnal Implementasi Penguatan Karakter Nilai Integritas.pdf] Text
Hasil Review Sejawat Jurnal Implementasi Penguatan Karakter Nilai Integritas.pdf

Download (797kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini dilakukan untuk mengetahui karakter kejujuran dan tanggung jawab dari siswa melalui buku kegiatan harian dan upaya pihak sekolah dan orang tua dalam meningkatkan penguatan karakter jujur dan tanggung jawab melalui buku kegiatan harian. Jenis Penelitian yang dilakukan adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Penelitian ini dilaksanakan di SD Muhammadiyah Kadisoka Yogyakarta dengan subjek penelitian kepala sekolah, wakil kurikulum, guru kelas, orang tua siswa, serta siswa kelas rendah yakni siswa kelas III dan siswa kelas tinggi yaitu siswa kelas V SD Muhammadiyah Kadisoka. Teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini adalah implementasi penguatan karakter nilai integritas jujur dan tanggung
jawab dilakukan dengan cara pengumpulan buku kegiatan harian di pagi hari kemudian guru kelas mengecek buku tersebut. Guru mengecek isi nya dan jumlah buku kegiatan harian yang dikumpulkan siswa. Guru memberi peraturan serta sanksi mengenai buku kegiatan harian yang disepakati bersama oleh siswa. Orang tua memantau aktivitas anak selama di rumah ketika menuliskan buku kegiatan harian. Untuk membuat siswa jujur dan bertanggung jawab akan buku kegiatan harian maka guru dan orang tua memiliki berbagai upaya/strategi untuk meningkatkan karakter tersebut dari yang memberi hadiah hingga sanksi tegas.

Kata Kunci: Penguatan Karakter, Integritas, Buku Kegiatan, Sekolah Dasar

Item Type: Artikel Dosen
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisi / Prodi: Faculty of Teacher Training and Education (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan) > S1-Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Depositing User: M.Pd Suyitno -
Date Deposited: 26 Aug 2021 14:10
Last Modified: 16 Feb 2022 01:16
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/27478

Actions (login required)

View Item View Item