Gestiardi, Rivan and Suyitno, Suyitno (2021) PENGUATAN PENDIDIKAN KARAKTER TANGGUNG JAWAB SEKOLAH DASAR DI ERA PANDEMI. [Artikel Dosen]
Text
PPK TANGGUNGJAWAB.pdf Download (282kB) |
|
Text (HASIL CEK SIMILARITY)
HASIL CEK_60160944_PENGUATAN PENDIDIKAN KARAKTER TANGGUNG JAWAB.pdf - Supplemental Material Download (1MB) |
|
Text
Hasil Review Sejawat Jurnal PPK Tanggungjawab.pdf Download (799kB) |
Abstract
Pendidikan karakter menjadi awal upaya untuk membentuk karakter yang menjadi dasar agar berguna untuk dirinya dan sekitarnya. kebijakan daring ini, maka peserta didik mengalami perubahan serta kebiasaan yang berbeda, yang biasanya dilakukan di sekolah sekarang beralih di rumah masing-masing. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif kualitatif dengan desain penelitian yaitu deskriptif studi kasus. Pengumpulan data pada penelitin ini dilakukan dengan Teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran informasi terkait program PPK yang dilakukan sekolah dasar di Yogyakarta. Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) sekolah dasar di pandemi dilakukan dengan cara 1) peran sekolah menjadi himbauan penerapan protokol kesehatan seperti mencuci tangan sesering mungkin menggunakan masker dan menjaga jarak aman kepada satu sama lain; 2) Sekolah juga berkerjasama dengan orangtua untuk menekankan pendidikan karakter siswa dalam pendampingan pembelajaran selama di rumah; 3) SD Muhammadiyah Ngabean 1 memfokuskan PPK yakni disiplin dan bertanggung jawab dalam mengerjakan tugas masing-masing yang diberikan oleh guru.
Kata Kunci: Penguatan Pendidikan Karakter (PPK), Sekolah Dasar, Pandemi
Item Type: | Artikel Dosen |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisi / Prodi: | Faculty of Teacher Training and Education (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan) > S1-Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) |
Depositing User: | M.Pd Suyitno - |
Date Deposited: | 26 Aug 2021 22:38 |
Last Modified: | 16 Feb 2022 01:38 |
URI: | http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/27503 |
Actions (login required)
View Item |