EVALUASI IMPLEMENTASI PROGRAM PENGUATAN PENDIDIKAN KARAKTER DI SD MUHAMMADIYAH PANDES PROGRAM PLUS TAHUN AJARAN 2019/2020

Andrianto, Andrianto and Suyitno, Suyitno (2021) EVALUASI IMPLEMENTASI PROGRAM PENGUATAN PENDIDIKAN KARAKTER DI SD MUHAMMADIYAH PANDES PROGRAM PLUS TAHUN AJARAN 2019/2020. [Artikel Dosen]

[thumbnail of EVALUASI IMPLEMENTASI PPK DI SD.pdf] Text
EVALUASI IMPLEMENTASI PPK DI SD.pdf

Download (679kB)
[thumbnail of HASIL CEK SIMILARITY] Text (HASIL CEK SIMILARITY)
HASIL CEK_60160944_Evaluasi Implementasi Program.pdf - Supplemental Material

Download (2MB)
[thumbnail of Hasil Review Sejawat Jurnal Evaluasi Implementasi PPK.pdf] Text
Hasil Review Sejawat Jurnal Evaluasi Implementasi PPK.pdf

Download (800kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan capaian program pendidikan karakter dalam pelaksanaan Kegiatan Belajar Mengajar, ekstrakurikuler, dan kegiatan penerapan program pembudayaan pendidikan karakter di SD Muhammadiyah Pandes. Penelitian ini menggunakan model CIPP (Context, Input, Process, dan Product) sebagai alat melakukan evaluasi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu deskriptif. Pengumpulan data pada proses evaluasi yaitu wawancara, observasi, studi dokumen, dan angket. Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Sumber data diperoleh dari kepala sekolah, wali kelas, pendidik/guru, peserta didik kelas 4, 5, dan 6 serta 10 perwakilan wali murid dari kelas 4, 5, dan 6. Hasil penelitian menunjukkan bahwa program pendidikan karakter telah mencapai hasil yang sangat baik dilaksanakan oleh warga sekolah. Diantaranya pada tahapan konteks (context) rerata ketercapaian dalam kategori tinggi, pada tahapan masukan (input) dalam kategori tinggi, pada tahapan proses (process) dalam kategori tinggi, dan tahapan hasil (product) dalam kategori tinggi. Secara keseluruhan program pendidikan karakter telah memenuhi standar kriteria. Secara keseluruhan program pendidikan karakter telah memenuhi standar kriteria, namun terdapat beberapa fokus yang perlu ditingkatkan diantaranya, 1) Kepala Sekolah untuk membuat SK tim pelaksana tugas pendidikan karakter, 2) Guru untuk tetap komitmen dan meningaktkan penerapan nilai-nilai karakter dalam kegiatan keseharian sekolah, 3) Peserta didik menjalankan program pendidikan karakter yang diadakan di sekolah dengan baik dan berpartisipasi aktif, 4) Orang tua harus tetap bersinergi dengan pihak sekolah dan memberikan perhatian khusus kepada anaknya dengan membina dan mendidik melalui pembiasaan bersikap dan berperilaku yang baik dalam kehidupan sehari-hari.

Kata Kunci: Evaluasi Program CIPP Pendidikan Karakter
SD Muhammadiyah Pandes

Item Type: Artikel Dosen
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisi / Prodi: Faculty of Teacher Training and Education (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan) > S1-Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Depositing User: M.Pd Suyitno -
Date Deposited: 26 Aug 2021 22:40
Last Modified: 16 Feb 2022 01:43
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/27505

Actions (login required)

View Item View Item