Sistem Keamanan Sepeda Motor Menggunakan Kata Sandi Berbasis Arduino Nano

Indra Prasetya, Dwiyana and Mushlihudin, Mushlihudin (2018) Sistem Keamanan Sepeda Motor Menggunakan Kata Sandi Berbasis Arduino Nano. Jurnal Ilmiah Teknik Elektro Komputer dan Informatika, 4 (1). pp. 11-19.

This is the latest version of this item.

[img] Text
Sistem Keamanan Sepeda Motor Menggunakan Kata Sandi Berbasis Arduino Nano.pdf

Download (237kB)

Abstract

Saat ini jumlah kendaraan bermotor semakin meningkat. Hampir setiap orang mempunyai sebuah sepeda motor bahkan lebih. Banyaknya sepeda motor tersebut berdampak pada tindakan pencurian sepeda motor yang semakin meningkat dari tahun ke tahun. Penelitian ini akan merancang sebuah sistem pengaman sepeda motor berbasis Arduino Nano untuk mencegah pencurian sepeda motor. Metode yang digunakan pada sistem pengaman sepeda motor ini dengan cara memasukkan password untuk menyalakan mesin. Sistem ini menghitung kesalahan masukan password sebanyak tiga kali yang akan memicu alarm berbunyi dan mesin motor tidak dapat dinyalakan. Sistem ini juga dilengkapi dengan infrared remote yang berguna untuk mematikan alarm yang berbunyi dari jarak tertentu. Pada saat password yang dimasukkan benar maka Arduino Nano akan menghubungkan relay coil sehingga mesin motor dapat dinyalakan. Berdasarkan pengujian sistem pengaman sepeda motor ini diperoleh hasil bahwa saat memasukkan password benar dan salah persentase keberhasilannya sebanyak 100%. Sedangkan pada saat mematikan alarm menggunakan remote dengan jarak 1 meter, 3 meter, dan 7 meter persentase keberhasilannya 100%, 80%, dan 60%.

Item Type: Artikel Umum
Subjects: T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering
Divisi / Prodi: Faculty of Industrial Technology (Fakultas Teknologi Industri) > S1-Electrical Engineering (S1-Teknik Elektro)
Depositing User: M.Eng. Alfian Ma'arif
Date Deposited: 30 Aug 2021 02:04
Last Modified: 30 Aug 2021 02:04
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/27541

Available Versions of this Item

Actions (login required)

View Item View Item