ANALISIS SANITASI DAN HIGIENE INDUSTRI DI ESTHY CAKE & BAKERY YOGYAKARTA

Novianti, Arsita (2021) ANALISIS SANITASI DAN HIGIENE INDUSTRI DI ESTHY CAKE & BAKERY YOGYAKARTA. [Laporan KP] (Unpublished)

[thumbnail of KP_1800033022_ANALISIS SANITASI DAN HIGIENE INDUSTRI DI ESTHY CAKE & BAKERY YOGYAKARTA.pdf] Text
KP_1800033022_ANALISIS SANITASI DAN HIGIENE INDUSTRI DI ESTHY CAKE & BAKERY YOGYAKARTA.pdf

Download (714kB)
[thumbnail of KP_1800033022_ISI LAPORAN.pdf] Text
KP_1800033022_ISI LAPORAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Cara produksi pangan yang baik (CPPB) merupakan pedoman untuk menjamin pangan yang dihasilkan oleh Industri Rumah Tangga Pangan. Undang-Undang Nomor 36 Tahun 2009, pasal 111 ayat (1) menyatakan bahwa makanan dan minuman yang digunakan masyarakat harus didasarkan pada standar dan / atau persyaratan kesehatan. Dalam pembuatan roti perlu diperhatikan keamanan pangan dan kualitas roti. Dengan menghasilkan roti manis yang aman dan bermutu, maka kepercayaan masyarakat akan meningkat dan produksi roti akan berkembang pesat. Tujuan dari penelitian ini adalah menganalisis higiene penjamah makanan dan sanitasi lingkungan berdasarkan Peraturan Kepala BPOM RI 2012 tentang CPPB yang dilakukan pada Industri Esthy Cake & Bakery. Metode Pengumpulan data yaitu dengan melalui wawancara ,observasi yang selanjutnya dibuat checklist data dan dilakukan dengan pengamatan dan pengambilan gambar.Berdasarkan hasil analisis dapat disimpulkan bahwa sanitasi industri di Esthy Cake & Bakery telah terlaksana dengan baik mulai dari lingkungan, proses produksi hingga penanganan limbah. Penerapan CPPB berupa sanitasi bangunan, sanitasi mesin dan peralatan, higiene karyawan, program dan pemeliharaan sanitasi, sanitasi selama proses produksi, fasilitas sanitasi, dan limbah di Esthy Cake & Bakery telah sesuai.

Item Type: Laporan KP
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisi / Prodi: Faculty of Industrial Technology (Fakultas Teknologi Industri) > S1-Food Technology (S1-Teknologi Pangan)
Depositing User: Arsita Novianti
Date Deposited: 09 Sep 2021 03:46
Last Modified: 09 Sep 2021 03:46
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/27708

Actions (login required)

View Item View Item