Dholina Inang, Pambudi (2015) MEMBANGUN KARAKTER ANAK MELALUI KETRAMPILAN LITERASI DALAM IPS. Prosiding Seminar Nasional "Membangun Imajinasi dan Kreativitas Anak melalui Literasi", I. pp. 1-3. ISSN 978-602-98647-4-8
Text
prosiding-upi.pdf Download (1MB) |
Abstract
Pendidikan harus mampu memberikan bukti nyata memperbaiki perilaku negatif yang beragam terjadi di masyarakat. Oleh karena itu, perlu dipikirkan strategi yang memungkinkan pendidikan karakter bagi anak di usia emas dapat berlangsung secara efektif dan efisien guna tercapainya tujuan yang diharapkan. Hal ini sejalan dengan tujuan IPS yaitu membentuk warga negara yang baik/good citizen.
Strategi pendidikan karakter untuk anak usia dini dan sekolah dasar perlu disesuaikan dengan tahapan perkembangan anak. Pendekatan pembelajaran IPS yang aktif, kreatif, inovatif diperlukan agar suasana menyenangkan terwujud dan tujuan pembelajaran dapat tercapai. Sekaligus memberikan bukti bahwa IPS bukan lagi dikenal sebagai mata pelajaran hafalan, namun IPS dikenal sebagai alternatif utama dalam memberikan penguatan bekal pengetahuan, sikap, dan ketrampilan bagi anak.
Ketrampilan literasi dalam pembelajaran IPS menjadi salah satu alternatif bentuk penanaman nilai-nilai karakter bagi anak. Penguatan ketrampilan literasi diharapkan mampu memberi bekal bagi anak dalam kemampuan membaca, menulis, dan mengapresiasi dan merespon segala jenis komunikasi. Hal tersebut sejalan dengan bagian 18 nilai karakter bangsa yaitu: bersahabat/komunikatif, rasa ingin tahu, dan gemar membaca sehingga diharapkan dapat mendukung keberhasilan pembangunan karakter generasi emas Indonesia.
Keywords: Karakter, Ketrampilan Literasi, IPS
Item Type: | Artikel Umum |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisi / Prodi: | Faculty of Teacher Training and Education (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan) > S1-Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) |
Depositing User: | Prodi PGSD |
Date Deposited: | 15 Jan 2016 01:58 |
Last Modified: | 15 Jan 2016 01:58 |
URI: | http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/2781 |
Actions (login required)
View Item |