Repository UAD

EVALUASI PELAKSANAAN PROGRAM SEKOLAH ADIWIYATA DITINJAU DARI ASPEK KEGIATAN PARTISIPATIF DI SDN UNGARAN I YOGYAKARTA

Ika, Maryani (2014) EVALUASI PELAKSANAAN PROGRAM SEKOLAH ADIWIYATA DITINJAU DARI ASPEK KEGIATAN PARTISIPATIF DI SDN UNGARAN I YOGYAKARTA. Jurnal Pemikiran dan Pengembangan Sekolah Dasar, 1 (3). pp. 170-180. ISSN 2338-1140

[img] Text
MAKALAH JP2SD.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi pelaksanaan program Sekolah Adiwiyata ditinjau dari aspek kegiatan partisipatif dan mengetahui hambatan dalam pelaksanaan program Sekolah Adiwiyata di SDN Ungaran I Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian evaluatif menggunakan metode survey. Subjek penelitian adalah kepala Sekolah, tim adiwiyata, komite, guru, dan siswa. Data diperoleh melalui angket, observasi, dokumentasi, dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan program sekolah Adiwiyata di SDN Ungaran I Yogyakarta berjalan baik. Hal ini ditunjukkan dengan capaian rerata pada aspek context, input, process, dan product pada penilaian siswa dan guru menunjukkan kriteria sangat tinggi. Hambatan yang muncul antara lain: adanya merger sekolah yang menyebabkan sulitnya manajemen PLH, kurangnya monev terkait kegiatan siswa dan guru dalam PLH, minimnya bahan ajar PLH, kurangnya kesadaran guru untuk melakukan penelitian terkait dengan PLH, serta rotasi guru yang menyebabkan program PLH kurang maksimal. Kata Kunci: Adiwiyata, kegiatan partisipatif, deskriptif evaluatif.

Item Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan) > S1-Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Depositing User: Prodi PGSD
Date Deposited: 15 Jan 2016 01:58
Last Modified: 15 Jan 2016 01:58
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/2788

Actions (login required)

View Item View Item

Repository UAD is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.