Analisis Pembelajaran Daring PPKn Melalui Media Google di SMK Muhammadiyah 4 Yogyakarta

Singgih, Ratno and Triwahyuningsih, Triwahyuningsih (2021) Analisis Pembelajaran Daring PPKn Melalui Media Google di SMK Muhammadiyah 4 Yogyakarta. [Artikel mahasiswa]

[thumbnail of Artikel-Singgih Triwahyuningsih-Daring Google Meet Google Form SMK PPKn.pdf] Text
Artikel-Singgih Triwahyuningsih-Daring Google Meet Google Form SMK PPKn.pdf

Download (366kB)

Abstract

Abstrak : Kondisi yang terjadi tahun 2019 hingga saat ini masih melanda negara kita dengan adanya pandemi covid-19 yang memberikan pengaruh besar salah satunya terhadap dunia pendidikan. Perubahan metode dalam pengajaran diterapkan oleh satuan pendidikan yang digunakan pada masa pandemi C-19 dengan melalui penerapan pembelajaran daring. Oleh karena itu tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui melalui analisis pembelajaran daring seberapa efektif pembelajaran daring ini dapat berjalan di masa pandemi C-19 melalui platform google meet dan juga google form. Populasi dari penelitian ini yaitu pada siswa kelas X tahun ajaran 2021/2022 dengan subjek penelitian di SMK Muhammadiyah 4 Yogyakarta. Metode pelaksanaan analisis ini menggunakan dua kegiatan yaitu, melalui penjelasan materi melalui google meet (sosialisasi) dan google form (pelatihan quiz). Hasil analisis pembelajaran ini ditemukan 30 peserta didik berhasil mengikuti pembelajaran google meet dan 39 peserta didik yang mengisi google form. Jumlah peserta didik dari 100 % menyatakan 56,4 % lebih mudah menggunakan Elerning + Google Formulir sedangkan 43,6 % lainnya menyatakan lebih mudah untuk menggunakan media Elerning + Google Meet (Video). Kesimpulan dalam analisis ini, pembelajaran dapat diikuti siswa dengan baik dan lebih efektif dalam siswa mudah mengakses dan memahami yaitu dengan menggunakan media Elearning dan Google Formulir.

Kata kunci : Daring, Google Meet, Google Form, SMK, PPKn.

Item Type: Artikel mahasiswa
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisi / Prodi: Faculty of Teacher Training and Education (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan) > S1-Pancasila and Citizenship Education (S1-Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan))
Depositing User: Ratno Singgih
Date Deposited: 21 Sep 2021 02:45
Last Modified: 21 Sep 2021 02:45
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/28003

Actions (login required)

View Item View Item