Hubungan Motivasi Berprestasi Dan Kontrol Diri Dengan Intensi Penggunaan Media Sosial Remaja Saat Pandemi Covid-19

Azhari, Rafta Afiffah and Ismiradewi, Ismiradewi (2021) Hubungan Motivasi Berprestasi Dan Kontrol Diri Dengan Intensi Penggunaan Media Sosial Remaja Saat Pandemi Covid-19. In: Prosiding Temu Ilmiah Nasional (TEMILNAS XII). Ikatan Psikologi Perkembangan Indonesia, Sulawesi Selatan, pp. 119-125. ISBN 978-623-97248-0-1

[thumbnail of Azhari Ismiradewi-Intensi penggunaan media sosial Kontrol diri Motivasi berprestasi.pdf] Text
Azhari Ismiradewi-Intensi penggunaan media sosial Kontrol diri Motivasi berprestasi.pdf

Download (758kB)

Abstract

Abstrak. Banyak remaja di Indonesia menggunakan media sosial secara berlebihan terutama pada
pandemic covid 19. Hal tersebut dikhawatirkan dapat menurunkan motivasi terutama dalam mencapai
prestasi belajar karena intensitas penggunaan media sosial yang berlebihan. Maka dari itu diperlukan
kontrol diri untuk mengurangi intensi penggunaan media sosial agar mencapai prestasi yang
membanggakan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan motivasi berprestasi dan kontrol
diri dengan intensi penggunaan media sosial remaja saat pandemi covid-19. Penelitian ini menggunakan
pendekatan kuantitatif dengan analisi regresi berganda dan kolerasi parsial. Subjek yang digunakan
dalam penelitian ini adalah siswa kelas X MA Negeri Kota Palangka Raya Kalimantan Tengah. Teknik
pengambilan sampel yaitu dengan cluster sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) terdapat
hubungan motivasi berprestasi dan kontrol diri dengan intensi penggunaan media sosial pada remaja;
(2) terdapat hubungan yang positif antara motivasi berprestasi dengan intensi penggunaan media sosial;
(3) terdapat hubungan yang negatif antara kontrol diri dengan intensi penggunaan media sosial. Intensi
penggunaan media sosial yang tinggi sejalan dengan motivasi berprestasi siswa pada situasi pandemi
covid-19 karena proses pembelajaran dialihkan secara daring sehingga, penggunaan media sosial
menjadi lebih intens agar siswa tidak tertinggal informasi dalam proses pembelajaran dan dapat
mencapai hasil belajar yang memuaskan. Hal tersebut harus diiringi dengan kontrol diri yang tinggi
untuk mengatur intensi penggunaan media sosial agar tidak berlebihan atau digunakan mendukung
proses pembelajaran bukan hanya sebagai hiburan semata.

Item Type: Book Section
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisi / Prodi: Faculty of Psychology (Fakultas Psikologi) > S1-Psychology (S1-Psikologi)
Depositing User: M.Psi.,Psi Ismiradewi --
Date Deposited: 20 Sep 2021 16:44
Last Modified: 20 Sep 2021 17:15
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/28019

Actions (login required)

View Item View Item