KEBIJAKAN KURIKULUM 2013 DAN IMPLIKASINYA TERHADAP PENGAJARAN BAHASA INGGRIS DI TINGKAT SEKOLAH DASAR

FAUZIA, FAUZIA (2014) KEBIJAKAN KURIKULUM 2013 DAN IMPLIKASINYA TERHADAP PENGAJARAN BAHASA INGGRIS DI TINGKAT SEKOLAH DASAR. PROSIDING SEMINAR NASIONAL PEMANTAPAN IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013 DALAM PENDIDIKAN SEKOLAH DASAR. pp. 77-82. ISSN ISBN: 978-602-96172-6-9

[thumbnail of PPS.pdf] Text
PPS.pdf

Download (5MB)

Abstract

Abstrak
Sejak diberlakukannya kurikulum 2013 pengajaran Bahasa Inggris mulai bergeser fungsinya tidak lagi menjadi mata pelajaran muatan lokal, namun menjadi salah satu program yang dimasukkan dalam kegiatan ekstrakurikuler. Faktor penyebab dihilangkannya mata pelajaran Bahasa Inggris di tingkat sekolah dasar ada beberapa hal, yaitu: 1) adanya pendapat bahwa Bahasa Inggris belum waktunya diajarkan di level paling awal pada jenjang pendidikan. Hal ini disebabkan karena anak-anak pada level ini masih pada tahap belajar bahasa pertama (first language) dan bahasa ibu mereka (native language), 2)pengembangan mata pelajaran yang tercakup dalam muatan lokal lebih pada pengembangan budaya dan jiwa kepemimpinan, 3)pembelajaran bahasa Inggris di tingkat dasar belum cukup mampu memberikan hasil yang signifikan terhadap penguasaan Bahasa Inggris. Implikasi pemberlakuan kebijakan kurikulum 2013 ini terlihat pada: 1) tenaga pendidik dan 2) institusi pencetak tenaga pendidik itu sendiri.
Kata kunci: kebijakan, kurikulum 2013, implikasi, pengajaran, bahasa Inggris

Item Type: Artikel Umum
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisi / Prodi: Faculty of Teacher Training and Education (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan) > S1-English Education (S1-Pendidikan Bahasa Inggris)
Depositing User: Ms FAUZIA FAUZIA
Date Deposited: 25 Feb 2016 03:17
Last Modified: 25 Feb 2016 03:17
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/2825

Actions (login required)

View Item View Item