Kurniawan, Muhammad Ragil (2014) OPTIMALISASI PEMANFAATAN ALAM DALAM PENERAPAN KURIKULUM 2013 (Solusi Peningkatan Mutu dan Pendidikan Karakter Bagi Masyarakat Pedesaan). Seminar Nasional Pendidikan Menuju Generasi Emas. pp. 170-179. ISSN 978-602-1145-04-3
Text
Sekolah berbasis alam unisulla.pdf Download (1MB) |
Abstract
Keberpihakan peningkatan kualitas pendidikan kepada daerah pedesaan adalah menjadi keniscayaan. Salah satu alasannya adalah, data Badan Pusat Statistik (BPS) yang menyebutkan bahwa, dari total 28.594.600 orang yang berpredikat miskin di Indonesia, lebih dari 65 persennya (lebih dari 18 juta jiwa) berada di desa. Di sisi lain, lapangan pekerjaan yang paling banyak digeluti oleh penduduk Indonesia (lebih dari 40%), termasuk didalamnya penduduk di daerah jawa tengah, jawa timur dan jawa barat, adalah petani. Disisi lain, kualitas pendidikan di pedesaan masih rendah dan belum pernah melampaui pendidikan di perkotaan. Oleh karenanya dibutuhkan paradigma yang berbeda dengan pengembangan pendidikan di kota sekaligus strategi khusus agar pendidikan di desa memiliki cirri yang khas dan dapat bersaing dengan pendidikan di daerah perkotaan. Daerah pedesaan yang masih kaya akan sumber daya alam sejatinya menjadi kelebihan tersendiri untuk dikelola menjadi sebuah potensi yang tidak dimiliki oleh daerah perkotaan. Lingkungan dan alam sekitar merupakan media sekaligus sumber belajar yang tidak pernah habis untuk terus digali dan dipelajari. Pembelajaran yang berorientasi langsung kealam dapat meningkatkan motivasi siswa sekaligus dapat menurunkan biaya belanja sekolah yang biasanya habis untuk pengadaan media pembelajaran yang berbasis perangkat keras.
Item Type: | Artikel Umum |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisi / Prodi: | Faculty of Teacher Training and Education (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan) > S1-Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) |
Depositing User: | Mpd Ragil Kurniawan |
Date Deposited: | 28 Mar 2016 08:34 |
Last Modified: | 28 Mar 2016 08:34 |
URI: | http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/2847 |
Actions (login required)
View Item |