PENGENDALIAN MUTU PROSES PRODUKSI SIRUP JAHE DI SUMBER BERKAH INDONESIA BANTUL, YOGYAKARTA

Almaliki, Ahfi (2021) PENGENDALIAN MUTU PROSES PRODUKSI SIRUP JAHE DI SUMBER BERKAH INDONESIA BANTUL, YOGYAKARTA. [Laporan KP] (Submitted)

[thumbnail of KP_1800033120_JUDUL.pdf] Text
KP_1800033120_JUDUL.pdf

Download (625kB)
[thumbnail of KP_1800033120_ISI LAPORAN.pdf] Text
KP_1800033120_ISI LAPORAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Sirup merupakan salah satu produk olahan cair yang merupakan sedian pekat dalam air dengan gula sekitar 50-65%. Sirup bahan herbal menggunakan bahan dasar rempah yang sangat baik salah satunya jahe yang ditinjau dari kemanfaatannya. Pada proses produksi sirup jahe di Sumber Berkah Indonesia secara keseluruhan tidak menggunakan standar operasional prosedur (SOP) yang banyak menimbulkan kerusakan pada produk. Sehingga guna menghasilkan sirup jahe yang sesuai dengan SNI maka perlu adana pengendalian mutu proses produksi. Tujuan dilakukannya pengendalian mutu proses produksi sirup jahe untuk mengetahu jenis dan faktor- penyebab kerusakan sirup jahe yang ditimbulkan pada saat proses produksi di Sumber Berkah Indonesia.
Metodologi pemecahan masalah yang dilakukan yaitu pengamatan lapangan, wawancara, pengambilan data, diskusi, uji organoleptik, analisis jumlah kerusakan, dan analisis faktor penyebab kerusakan. Sedangkan metode analisis yang digunakan yaitu diagram pareto dan diagram fishbone. Dari data yang diperoleh faktor yang dapat mempengaruhi produk sirup jahe akibat proses pengolahan yaitu suhu, waktu dan lingkungan sehingga mengakibatkan terjadinya gumpalan gula, rasa yang kurang pedas, warna, kontaminasi semut, kekentalan, dan aroma.
Berdasarkan hasil data yang sudah diperoleh, maka pada keruskan produk yang paling dominan yaitu terjadinya gumpalan gula 28%, rasa yang kurang pedas 21%, warna 15%, kontaminasi semut 14%, kekentalan 12% dan aroma 9%.
Kata kunci: Diagram Fishbone, Diagram Pareto, Pengendalian Mutu Proses, Sirup Jahe

Item Type: Laporan KP
Subjects: T Technology > TF Railroad engineering and operation
Divisi / Prodi: Faculty of Industrial Technology (Fakultas Teknologi Industri) > S1-Food Technology (S1-Teknologi Pangan)
Depositing User: Ahfi Almaliki
Date Deposited: 28 Sep 2021 02:09
Last Modified: 28 Sep 2021 02:09
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/28666

Actions (login required)

View Item View Item