PENGENDALIAN MUTU BAHAN BAKU DAN BAHAN PENGEMAS SIRUP JAHE EMPRIT (Zingiber officinale var. Amarum) DI CV. SUMBER BERKAH INDONESIA KABUPATEN BANTUL, DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA

Annisa, Nur (2021) PENGENDALIAN MUTU BAHAN BAKU DAN BAHAN PENGEMAS SIRUP JAHE EMPRIT (Zingiber officinale var. Amarum) DI CV. SUMBER BERKAH INDONESIA KABUPATEN BANTUL, DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA. [Laporan KP] (Unpublished)

[thumbnail of KP_1800033101_JUDUL.pdf] Text
KP_1800033101_JUDUL.pdf

Download (371kB)
[thumbnail of KP_1800033101_ISI LAPORAN.pdf] Text
KP_1800033101_ISI LAPORAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Indonesia merupakan negara agraris dengan keanekaragaman hayati yang tinggi dan sumber daya alam yang melimpah, terutama tanaman obat dan rempah-rempah. Sumber Berkah Indonesia merupakan usaha kecil menengah yang bergerak di bidang pengolahan jahe emprit menjadi sirup guna meningkatkan harga menjadi lebih stabil. Dalam rangka menghasilkan sirup jahe emprit yang sesuai dengan Standar Nasional Indonesia, salah satunya diperlukan pengendalian mutu bahan baku dan bahan pengemas sirup untuk dilakukan evaluasi dan perbaikan guna mencapai kondisi tidak terdapat produk cacat. Tujuan pengendalian mutu sirup jahe emprit adalah untuk mengetahui jenis-jenis cacat dan faktor-faktor penyebab cacat tersebut. Metode pengendalian mutu yang digunakan adalah metode Seven Tools menggunakan Diagram Pareto dan Diagram Fishbone. Berdasarkan hasil analisis yang telah dilakukan, hasil Diagram Pareto menunjukkan terdapat tiga jenis cacat yaitu rasa kurang pedas, warna kurang coklat, dan kekentalan sirup. Jenis cacat dominan sirup jahe emprit terdapat pada kriteria rasa kurang pedas dengan jumlah 35 dan persentase 49%, sedangkan jenis cacat terkecil pada kriteria kekentalan sirup dengan jumlah 14 dan persentase 20%. Hasil Diagram Fishbone menunjukkan faktor-faktor penyebab cacat pada sirup jahe emprit yang dipengaruhi oleh faktor bahan baku, manusia, mesin, dan lingkungan.

Item Type: Laporan KP
Subjects: T Technology > TF Railroad engineering and operation
Divisi / Prodi: Faculty of Industrial Technology (Fakultas Teknologi Industri) > S1-Food Technology (S1-Teknologi Pangan)
Depositing User: Nur Annisa
Date Deposited: 29 Sep 2021 01:23
Last Modified: 29 Sep 2021 01:23
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/28718

Actions (login required)

View Item View Item