EVALUASI HASIL SORTASI KERING TEH HITAM PENGOLAHAN ORTODOKS DI PT. PAGILARAN UP, KALIBOJA

Fembi, Andhienta (2021) EVALUASI HASIL SORTASI KERING TEH HITAM PENGOLAHAN ORTODOKS DI PT. PAGILARAN UP, KALIBOJA. [Laporan KP] (Unpublished)

[thumbnail of KP_1800033076_EVALUASI HASIL SORTASI KERING PENGOLAHAN ORTODOKS PT PAGILARAN.pdf] Text
KP_1800033076_EVALUASI HASIL SORTASI KERING PENGOLAHAN ORTODOKS PT PAGILARAN.pdf

Download (277kB)
[thumbnail of KP_1800033076_ISI LAPORAN.pdf] Text
KP_1800033076_ISI LAPORAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Salah satu perusahaan yang memproduksi teh hitam di Indonesia adalah PT Pagilaran UP,Kaliboja. Sistem pengolahan teh hitam di PT Pagilaran UP, Kaliboja menggunakan sistem pengolahan Orthodox Rotorvane untuk menghasilkan bubuk teh hitam sesuai dengan permintaan pasar yaitu memiliki ukuran partikel yang kecil (broken tea) dan cepat seduh (quick brewing).
Metode pengumpulan data yang digunakan dalam kegiatan magang ini adalah observasi, wawancara, pencatatan, studi pustaka dan terjun langsung ke lapangan dalam kegiatan-kegiatan proses produksi. Pengambilan lokasi praktek magang di PT. Pagilaran UP, Kaliboja karena perusahaan tersebut merupakan perusahaan yang mengolah hasil pertanian terutama teh. Selain itu, PT. Pagilaran UP, Kaliboja merupakan perusahaan dalam negeri yang berdedikasi tinggi. Proses produksi teh hitam di PT. Pagilaran UP, Kaliboja adalah sebagai berikut yaitu penerimaan pucuk, pelayuan, penggulungan, penggilingan dan sortasi basah, fermentasi, pengeringan, sortasi kering dan pengepakan. Pada proses produksi harus diperhatikan pengendalian mutu pada tiap tahapnya, agar didapat produk yang berkualitas dan aman untuk dikonsumsi oleh masyarakat. Hasil praktek magang menunjukkan bahwa proses produksi teh hitam sangat baik dan untuk pengolahan di setiap prosesnya harus lebih diawasi lagi agar dihasilkan mutu teh yng baik. Sedangkan untuk pengolahan proses produksi harus diperhatikan pada tahap pelayuan supaya pucuk teh layu secara merata sehingga dihasilkan teh yang bermutu tinggi dan pada saat pucuk teh akan dimasukkan dalam withering trough sering ada pucuk teh yang berjatuhan di lantai dan pegawai langsung mengambilnya dan dimasukkan dalam withering trough lagi tanpa memperhatikan kebersihannnya. Hal ini dapat mempengaruhi kualitas produk teh.

Item Type: Laporan KP
Keyword: Hari Haryadi, S.P., M.Sc.
Subjects: T Technology > TF Railroad engineering and operation
Divisi / Prodi: Faculty of Industrial Technology (Fakultas Teknologi Industri) > S1-Food Technology (S1-Teknologi Pangan)
Depositing User: Andhienta Fembi
Date Deposited: 29 Sep 2021 21:33
Last Modified: 29 Sep 2021 21:33
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/28796

Actions (login required)

View Item View Item