Evaluasi Proses Produksi Dan Pengemasan Produk Tepung Mocaf Di PT Rumah Mocaf Kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah

Azizzah, Zaimul (2021) Evaluasi Proses Produksi Dan Pengemasan Produk Tepung Mocaf Di PT Rumah Mocaf Kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah. [Laporan KP] (Unpublished)

[thumbnail of KP_1800033086_JUDUL_FILE 1.pdf] Text
KP_1800033086_JUDUL_FILE 1.pdf

Download (422kB)
[thumbnail of KP_1800033086_ISI LAPORAN_FILE 2.pdf] Text
KP_1800033086_ISI LAPORAN_FILE 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Tepung mocaf adalah tepung yang terbuat dari bahan baku singkong dan merupakan turunan dari tepung singkong yang dimodifikasi menggunakan proses fermentasi. Bagi perusahaan, kualitas produk akhir sangat penting sehingga perusahaan harus mempunyai kemampuan untuk menjaga suatu proses produksi agar kelangsungan proses produksi tidak memiliki hambatan. Proses produksi perlu didampingi dengan pengendalian proses produksi yang tepat untuk mempelajari prinsip dan teknik agar mendapatkan sistem dan tata kerja yang efektif dan efisien. Tujuan Kerja Praktik ini adalah untuk mengevaluasi proses produksi dan pengemasan produk tepung mocaf di PT Rumah Mocaf Kabupaten Banjarnegara Jawa Tengah.
Metode pemecahan masalah dapat dilakukan dengan pengamatan langsung di lapangan, wawancara dengan karyawan PT Rumah Mocaf, pengambilan data dari PT Rumah Mocaf, presentasi akhir terkait data yang diambil, identifikasi cacat produk, analisis jumlah dan cacat terbesar menggunakan diagram pareto dan analisis penyebab cacat produk menggunakan diagram fishbone.
Hasil analisis dari pemecahan masalah di PT Rumah Mocaf bahwa cacat tepung mocaf terdapat pada kesalahan proses pengeringan, pengupasan kulit singkong dan pencucian, fermentasi, penggilingan. Hasil analisis diagram pareto, bahwa jenis cacat yang menyebabkan kerusakan pada tepung mocaf adalah memiliki bau asam dengan persentase 42%, warna tepung tidak putih 25%, kadar air tinggi 21% dan bentuk tepung agak kasar 13% dan diperoleh cacat tertinggi pada tepung mocaf yang memiliki bau asam. Hasil analisis jenis cacat pada kemasan pada proses pengemasan tepung mocaf adalah rusak pada saat di tempat penyimpanan seperti terbentuk lubang pada kemasan, tanggal produksi atau tanggal kedaluwarsa yang tidak terlihat, kemasan tidak tertutup rapat dan kemasan rusak pada saat disealer.
Setelah dilakukan analisis hasil pemecahan masalah dengan diagram fishbone dapat diketahui cacat tepung mocaf di PT Rumah Mocaf selama proses produksi dan cacat pada kemasan disebabkan oleh beberapa faktor, yaitu dari bahan baku, mesin, metode, pekerjaan dan lingkungan.

Item Type: Laporan KP
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisi / Prodi: Faculty of Industrial Technology (Fakultas Teknologi Industri) > S1-Food Technology (S1-Teknologi Pangan)
Depositing User: Zaimul Azizzah
Date Deposited: 12 Oct 2021 01:18
Last Modified: 12 Oct 2021 01:18
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/28945

Actions (login required)

View Item View Item