peer review-Pengenalan Citra Objek Sederhana dengan Jaringan Saraf Tiruan Metode Perceptron

Pujiyanta, Ardi (2009) peer review-Pengenalan Citra Objek Sederhana dengan Jaringan Saraf Tiruan Metode Perceptron. [Artikel Dosen]

[thumbnail of peer-review Pengenalan Citra Objek Sederhana dengan Jaringan Saraf Tiruan Metode Perceptron.pdf] Text
peer-review Pengenalan Citra Objek Sederhana dengan Jaringan Saraf Tiruan Metode Perceptron.pdf

Download (270kB)

Abstract

Konsep bangunan dan benda-benda yang ada di sekeliling didasarkan dan dipengaruhi oleh konsep objek sederhana atau sering disebut geometri ruang tiga dimensi, yaitu memiliki panjang, lebar dan tinggi. Namun, dalam rancangan dan penggambarannya menggunakan gambar berdimensi dua saja. Sehingga pada konsep penggambarannya membutuhkan visualisasi yang lebih detail. Diharapkan jaringan syaraf tiruan metode perceptron dapat mengenali gambar yang sesuai dengan bentuk aslinya.
Pada penelitian ini metode jaringan saraf yang digunakan adalah metode perceptron untuk mengenali citra objek sederhana. Objek yang digunakan yaitu bentuk bangun ruang yang terdiri dari kubus, kerucut, tabung, prisma, dan limas dengan berbagai jenisnya. Perangkat lunak yang digunakan pada pembuatan aplikasi ini adalah Borland Delphi 7.0.
Dari hasil pelatihan dan pengujian jaringan saraf tiruan perceptron dapat mengenali pola dengan rata-rata 75,25 % dengan prosentase terendah yaitu 50,75 % dan prosentase tertinggi yaitu 92,65 %. Dengan prosentase yang cukup baik tersebut, sistem dapat digunakan untuk mengenali citra objek sederhana

Item Type: Artikel Dosen
Additional Information: peer review Pengenalan Citra Objek Sederhana dengan Jaringan Saraf Tiruan Metode Perceptron
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisi / Prodi: Faculty of Industrial Technology (Fakultas Teknologi Industri) > S1-Informatics Engineering (S1-Teknik Informatika)
Depositing User: Dr. Ir. Ardi Pujiyanta, M.T.
Date Deposited: 20 Oct 2021 18:12
Last Modified: 20 Oct 2021 18:12
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/28993

Actions (login required)

View Item View Item