Sistem Penentuan Sudut Diam Granul Menggunakan Metode Pengolahan Citra Berbasis Android

Fadlil, Abdul and Dwi Candra, Aditiya (2017) Sistem Penentuan Sudut Diam Granul Menggunakan Metode Pengolahan Citra Berbasis Android. Jurnal Ilmiah Teknik Elektro Komputer dan Informatika, 3 (2). pp. 118-123.

[img] Text
Sistem Penentuan Sudut Diam Granul Menggunakan Metode Pengolahan Citra Berbasis Android.pdf

Download (225kB)

Abstract

Granul merupakan sejenis butiran kecil sebagai bahan dasar untuk membuat tablet dan obat-obatan lainnya. Kualitas granul dapat dilakukan dengan mengukur antara lain waktu alir, sudut diam, dan pengetapan tablet. Nilai sudut diam menunjukkan kualitas granul dengan nilai sudut diam yang baik antara 28° sampai 42°. Metode untuk menghitung sudut diam selama ini masih dengan eksekusi manual maka pada penelitian ini dikembangkan aplikasi di smartphone dengan teknik pengolahan citra. Perancangan aplikasi ini dilakukan dengan teknik pengolahan citra dengan melakukan perhitungan nilai sudut diam granul dari citra asli red, green, blue konversi ke bentuk grayscale serta ke format citra biner (thresholding) serta akan dilakukan proses cropping untuk memotong bagian tertentu objek citra. Proses pengambilan citra dilakukan menggunakan kamera dan galeri smartphone Android. Software yang dipakai dalam penelitian ini menggunakan Android Studio. Hasil penelitian menunjukkan nilai rata-rata sudut diam dalam pengujian manual untuk granul hijau adalah 35,56°, granul merah adalah 3489°, dan granul kuning adalah 31,18°. Nilai rata-rata dari sudut diam dalam pengujian otomatis untuk granul hijau adalah 34,34°, granul merah adalah 33,35°, dan granul kuning adalah 29,80°. Hasil perbandingan antara manual dan otomatis didapatkan nilai akurasi mencapai 96,55% untuk granul hijau, granul merah yaitu 95,56%, dan untuk granul kuning 95,69%. Diharapkan penelitian ini bisa dibuat lebih akurat sehingga dapat mempermudah dalam perhitungan sudut diam granul.

Item Type: Artikel Umum
Subjects: T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering
Divisi / Prodi: Faculty of Industrial Technology (Fakultas Teknologi Industri) > S1-Electrical Engineering (S1-Teknik Elektro)
Depositing User: M.Eng. Alfian Ma'arif
Date Deposited: 20 Oct 2021 01:20
Last Modified: 20 Oct 2021 01:20
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/29085

Actions (login required)

View Item View Item