Alat Ukur Tinggi Muka Air Berbasis Web

Hidayat, Syarif and Mushlihudin, Mushlihudin (2017) Alat Ukur Tinggi Muka Air Berbasis Web. Jurnal Ilmiah Teknik Elektro Komputer dan Informatika, 2 (2). pp. 96-100.

[img] Text
Alat Ukur Tinggi Muka Air Berbasis Web.pdf

Download (152kB)

Abstract

Indonesia merupakan negara yang memiliki curah hujan yang cukup tinggi, oleh karena itu banyak dibangun bendungan. Bendungan dapat dimanfaatkan sebagai sumber air cadangan, irigasi dan sebagai pembangkit listrik. Bendungan juga dapat dimanfaatkan sebagai pencegah bencana banjir, karena bendungan dapat di manfaatkan sebagai penampung air hujan. Akan tetapi jika debit dan jumlah curah hujan teralalu tinggi maka akan menimbulkan bencana banjir dan kemungkinan bendungan akan rawan jebol. Karena itu diperlukan sebuah alat yang dapat mengukur jumlah ketinggian air pada sebuah bendungan. Perancangan alat ukur tinggi muka air meliputi 2 bagian. Pertama, perancangan perangkat keras yang meliputi penggunaan rangkaian arduino nano 328 sebagai pengendali sensor untuk membaca tinggi permukaan air. Kedua adalah perancangan perangkat lunak sebagai media penampil hasil pembacaan yang dilakukan sensor yang digunakan. Sehingga system ini dapat diimplementasikan di bendungan yang dikehendaki. Hasil dari penelitian ini memberikan informasi tinggi permukaan air yang disimulasikan oleh bak penampung air, ketinggian air tersebut dibaca oleh sensor ultrasonik. Saat air dikurangi atau ditambah akan terbaca oleh sensor ultrasonik, kemudian data ditampilkan pada prangkat pc dan smartphone dalam bentuk web.Data berupa angka ketinggian muka air yang tertampil pada web berubah – rubah karena sensor ultrasonik mendeteksi objek yang tidak setatis dengan selisih pembacaan 0,01 dari alat ukur pembanding

Item Type: Artikel Umum
Subjects: T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering
Divisi / Prodi: Faculty of Industrial Technology (Fakultas Teknologi Industri) > S1-Electrical Engineering (S1-Teknik Elektro)
Depositing User: M.Eng. Alfian Ma'arif
Date Deposited: 25 Oct 2021 01:14
Last Modified: 25 Oct 2021 01:14
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/29104

Actions (login required)

View Item View Item