Repository UAD

Edutaiment dalam Active Learning pada Implementasi Kurikulum 2013 di Sekolah Dasar

Rofiah, Nurul Hidayati (2014) Edutaiment dalam Active Learning pada Implementasi Kurikulum 2013 di Sekolah Dasar. Edutainment dalam Active Learning pada Implementasi Kurikulum 2013 Seminar Nasional Active Learning Fasilitator association (ALFA) III” Pembelajaran Aktif dalam Konten dan Konteks Kurikulum 2013. ISSN 978-602-70197-1-3

[img] Text
EDUTAINMENT DALAM ACTIVE LEARNING-NURUL HIDAYATI ROFIAH.pdf

Download (4MB)

Abstract

Edutainment terdiri atas dua kata, yaitu education dan entertainment. Education artinya pendidikan dan entertainment artinya hiburan. Dengan demikian, ada upaya untuk menciptakan suasana dan proses pembelajaran yang menyenangkan dalam dunia pendidikan dengan memadukan antara dua aktivitas, yaitu pendidikan dan hiburan. Jadi, edutainment bisa di definisikan sebagai proses pembelajaran yang didesain dengan memadukan antara muatan pendidikan dan hiburan secara harmonis sehingga aktivitas pembelajaran yang berlangsung menyenangkan. Pembelajaran akan dapat berlangsung dengan baik hingga mencapai tujuan pendidikan yang diharapkan, haruslah memperhatikan beberapa aspek yang akan mendukung keberhasilannya yaitu proses pembelajaran yang terjadi interaksi langsung antara guru, peserta didik materi dan media pembelajaran. Sedangkan ketentuan keberhasilan dari sebuah pembelajaran tidaklah diukur dari hasil akhir yang berupa ujian, melainkan bagaimana guru dapat memberikan motivasi penuh terhadap siswanya agar dapat menumbuhkembangkan serta mengarahkan potensi yang dimilikinya sehingga tercipta suasana belajar dalam dirinya karena tercipta suasana yang kondusif dan menyenangkan dalam proses pembelajaran. Untuk membantu peserta didik meraih sukses dalam setiap pembelajaran, hal yang bisa dilakukan oleh guru adalah menyajikan materi pelajaran dengan sajian multi sensori yang dapat ditangkap oleh keragaman modalitas belajar siswa, membuat kelompok-kelompok kecil sebagai pemantapan belajar dan kerjasama komunikatif antar siswa, serta memberikan tugas perseorangan sebagai aplikasi kepribadian masing-masing siswa. Dalam implementasi kurikulum 2013 guru dituntut kaya akan strategi dan metode pembelajaran. Strategi pembelajaran aktif merupakan salah satu alternatif yang dapat digunakan dalam pembelajaran di sekolah dasar agar pembelajaran dapat berjalan secara efektif dan efisien untuk mencapai tujuan pembelajaran yang telah ditetapkan. Pembelajaran aktif hendaknya melibatkan multi indera dan dilaksanakan dengan menggunakan variasi metode pembelajaran. Kata kunci: edutainment, active learning, kurikulum 2013

Item Type: Article
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan) > S1-Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Depositing User: Mpd Ragil Kurniawan
Date Deposited: 09 Jun 2016 05:41
Last Modified: 03 May 2017 03:30
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/2958

Actions (login required)

View Item View Item

Repository UAD is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.