SISTEM PENALARAN BERBASIS KASUS UNTUK PENANGANAN SANKSI AKADEMIK

Winiarti, Sri and Ismail, Taufiq and muslihudin, muslihudin and Witriani, Sekretaris (2017) SISTEM PENALARAN BERBASIS KASUS UNTUK PENANGANAN SANKSI AKADEMIK. Jurnal Informatika Sunan Kalijaga (JISKa), 2 (2). pp. 107-144. ISSN 2527-5836

[thumbnail of peer review jiska.pdf] Text
peer review jiska.pdf

Download (1MB)

Abstract

Sebagai sebuah Program studi yang bersinergi dengan teknologi informasi,perlu memanfaatkan teknologi dalam setiap pengambilan keputusan. Salah satu alternatif yang dapat diterapkan dalam membuat sebuah sistem pendukung keputusan yang dapat digunakan oleh mahasiswa, dosen dan pimpinan Prodi untuk menjalankan keorganisasian di level prodi. Pentingnya sanksi akademik bagi mahasiswa yang melakukan pelanggaran tata tertib mahasiswa, sedangkan kasus-kasus yang sudah pernah terjadi belum terdokumentasi. Mahasiswa masih belum mengetahui secara pasti tentang sanksi akademik yang berlaku di program studi. Demikian juga belum terdapatnya dokumentasi terhadap pelanggaran mahasiswa di tingkat Program Studi yaitu diberikannya sanksi akademik mahasiswa dalam tingkat Program Studi di buku Pembimbingan Akademik Universitas Ahmad Dahlan, serta memang belum adanya sistem yang dapat membantu dalam penentuan alternatif sanksi akademik yang tepat.

Penelitian ini mendokumentasikan sanksi akademik bagi mahasiswa yang melakukan pelanggaran tata tertib mahasiswa khususnya di Program Studi Teknik Informatika dan menerapkan metode similarity dalam penentuan sanksi akademik khusus di Program Studi Teknik Informatika. Dalam penelitian ini yang menjadi subyek penelitian adalah Sistem penentuan sanksi akademik bagi mahasiswa dengan menggunakan metode similarity.

Dari penelitian yang dilakukan diharapkan dapat menghasilkan sistem pendukung keputusan yang mampu menjadi media informasi bagi mahasiswa dan prodi untuk mensosialisasikan informasi sanksi akademik bagi mahasiswa yang melakukan pelanggaran. Pendekatan sistem cerdas yang digunakan menggunakan penelaran berbasis kasus dengan menggunakan metode similarity.

Hasil penelitian ini berupa software sistem pendukung keputusan penentuan sanksi akademik bagi suatu perguruan tinggi.

Kata Kunci : Sanksi Akademik, Penalaran Berbasis Kasus, Similarity

Item Type: Artikel Umum
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisi / Prodi: Faculty of Industrial Technology (Fakultas Teknologi Industri) > S1-Informatics Engineering (S1-Teknik Informatika)
Depositing User: S.T., M.Cs Taufiq Ismail
Date Deposited: 29 Nov 2021 06:22
Last Modified: 29 Nov 2021 06:22
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/29740

Actions (login required)

View Item View Item