STUDENT'S MAJOR CONCENTRATION SELECTION SYSTEM USING WEBBASED PROFILE MATCHING

Ismail, Taufiq and Winiarti, Sri and Rifki, Pambudi (2021) STUDENT'S MAJOR CONCENTRATION SELECTION SYSTEM USING WEBBASED PROFILE MATCHING. Jurnal Teknologi Informasi dan Komunikasi, 12 (1). pp. 12-16. ISSN ISSN : 2087-0868

[thumbnail of peer review JTIK.pdf] Text
peer review JTIK.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini mengusulkan tentang sistem pendukung keputusan pemilihan bidang minat mahasiswa dibuat untuk membantu menyelesaikan masalah mahasiswa dalam menentukan kepeminatannya dalam bidang informatika. Metode Profile Matching dipilih karena mampu menyeleksi bidang minat yang sesuai dengan bobot kriteria yang dimiliki oleh mahasiswa. Implementasi web sistem pendukung keputusan ini menggunakan bahasa pemrograman HTML, PHP murni dan menggunakan Database MySQL. Untuk membuat tampilan web yang lebih menarik, digunakan boostrap dan javascript yang nantinya semua data aplikasi disimpan di web server penyedia hosting. Pengujian aplikasi oleh responden 10 mahasiswa dengan usability testing menggunakan Standardized Universal Percentile Rank-Questionnare (SUPR-Q) untuk user dan admin serta pengujian menggunakan User Acceptance Test (UAT). Kesimpulan akhir didapatkan kesesuaian antara bidang minat yang dipilih oleh mahasiswa dengan hasil yang direkomendasikan oleh sistem dengan persentase sebesar 70%.
Kata kunci : Bidang Minat, Profile Matching, Rangking

Item Type: Artikel Umum
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisi / Prodi: Faculty of Industrial Technology (Fakultas Teknologi Industri) > S1-Industrial Engineering (S1-Teknik Industri)
Depositing User: S.T., M.Cs Taufiq Ismail
Date Deposited: 29 Nov 2021 06:29
Last Modified: 29 Nov 2021 06:29
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/29742

Actions (login required)

View Item View Item