Analisis Website Program Kreativitas Mahasiswa (PKM Center) Universitas Ahmad Dahlan Menggunakan WebQual 4.0

Yulianto, Dinan and Ismail, Taufiq (2021) Analisis Website Program Kreativitas Mahasiswa (PKM Center) Universitas Ahmad Dahlan Menggunakan WebQual 4.0. Matrik : Jurnal Manajemen, Teknik Informatika, dan Rekayasa Komputer, 20 (2). pp. 325-334. ISSN 2476-9843

[thumbnail of peer review Matrik.pdf] Text
peer review Matrik.pdf

Download (1MB)

Abstract

Dewasa ini, pihak individu dan organisasi telah memanfaatkan media website sebagai teknologi informasi untuk membagikan atau mendapatkan informasi secara mudah dalam waktu singkat. PKM Center Universitas Ahmad Dahlan telah menggunakan media website sebagai pelayanan lomba setiap mahasiswa, tetapi mendapatkan sejumlah masukan dari pengguna terkait tampilan website yang kurang atraktif, dan informasi yang disampaikan kurang aktual. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis website PKM Center Universitas Ahmad Dahlan berdasarkan persepsi pengguna melalui pendekatan WebQual 4.0. Proses analisis diawali dengan menyusun hipotesis penelitian untuk mengkaji antara hubungan variabel independen yang terdiri dari kegunaan, kualitas informasi, dan kualitas layanan interaksi terhadap variabel dependen yaitu kepuasan pengguna. Proses kedua adalah menyusun, dan menguji instrumen penelitian melalui uji validitas dan uji reliabilitas oleh 30 mahasiswa. Proses ketiga adalah mendapatkan data primer melalui penyebaran instrumen kepada 130 mahasiswa. Proses terakhir adalah mengkaji hasil interpretasi responden melalui uji normalitas, uji korelasi uji-t, dan uji-f untuk pembuktian hipotesis penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa setiap variabel independen secara parsial maupun simultan berkorelasi, dan berhubungan kuat terhadap variabel dependen.

Item Type: Artikel Umum
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisi / Prodi: Faculty of Industrial Technology (Fakultas Teknologi Industri) > S1-Industrial Engineering (S1-Teknik Industri)
Depositing User: S.T., M.Cs Taufiq Ismail
Date Deposited: 29 Nov 2021 06:53
Last Modified: 29 Nov 2021 06:53
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/29745

Actions (login required)

View Item View Item