MODUL SELF-REGULATION OF EMOTION UNTUK MEREDUKSI PERILAKU AGRESI

Purwadi, Purwadi and Alhadi, Said and Muyana, Siti and Saputra, Wahyu Nanda Eka and Supriyanto, Agus and Wahyudi, Amien MODUL SELF-REGULATION OF EMOTION UNTUK MEREDUKSI PERILAKU AGRESI. UAD Press. ISSN 978—602—0737-00-3

[thumbnail of Modul Self-Regulation of EmotionSelf Regulation of Emosion.pdf] Text
Modul Self-Regulation of EmotionSelf Regulation of Emosion.pdf

Download (1MB)

Abstract

Perilaku agresif yang dilakukan remaja menjadi
permasalahan dunia dengan berbagai kasus tawuran antar pelajar, perkelahian, dan bahkan pembunuhan yang menelan banyak jiwa.
Perilaku agresi menjadi masalah serius yang perlu mendapat
perhatian pihak-pihak yang seharusnya bertanggung jawab.
Faktor-faktor yang menjadi penyebab terjadinya agresi dari
individual, keluarga, teman sebaya, masyarakat, serta media.
Perilaku agresi dilakukan oleh remaja. Remaja cenderung
menggunakan emosi yang belum stabil dalam mengambil berbagai keputusan. Kelabilan perilaku remaja menimbulkan efek perilaku pada kehidupan sosial, pribadi, akademik, ataupun perencanaan karir. Perilaku agresi berdampak negatif pada diri remaja. Dampak yang merugikan adalah munculnya persepsi yang kurang menyenangkan bagi remaja lain dalam lingkungan tertentu, utamanya lingkungan sekolah. Upaya untuk mereduksi perilaku agresif itu adalah dengan melaksanakan latihan self-regulation of emotion. Self regulation of emotion yang tidak terkontrol dapat
mengganggu hubungan interpersonal, seperti mengungkapkan kemarahan secara bebas sehingga meningkatkan perilaku agresif.
Kemampuan dalam mengatur emosi diri merupakan aspek penting dalam menjalin hubungan dengan orang lain. Guru Bimbingan dan konseling memiliki peran untuk memaksimalkan kemampuan self regulation of emotion. Tujuh tahapan self regulation of emotion yaitu receiving atau menerima, evaluating atau mengevaluasi, triggering atau membuat suatu perubahan, searching atau mencari
solusi, formulating atau merancang suatu rencana, implementing atau menerapkan rencana; dan assessing atau mengukur efektivitas dari rencana yang telah dibuat.

Item Type: Artikel Umum
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisi / Prodi: Faculty of Teacher Training and Education (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan) > S1-Guidance Counseling (S1-Bimbingan Konseling)
Depositing User: M.Pd. Siti Muyana
Date Deposited: 20 Feb 2022 13:33
Last Modified: 20 Feb 2022 13:33
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/29914

Actions (login required)

View Item View Item