CEK SIMILARITY_Keseimbangan Kehidupan Kerja, Dukungan Sosial, dan Kesejahteraan Subjektif pada Guru Sekolah Luar Biasa (SLB)

Tentama, Fatwa (2020) CEK SIMILARITY_Keseimbangan Kehidupan Kerja, Dukungan Sosial, dan Kesejahteraan Subjektif pada Guru Sekolah Luar Biasa (SLB). Universitas Islam Indonesia, PSIKOLOGIKA: Jurnal Pemikiran dan Penelitian Psikologi.

[thumbnail of Keseimbangan_Kehidupan_Kerja__Dukungan_Sosial__dan.pdf] Text
Keseimbangan_Kehidupan_Kerja__Dukungan_Sosial__dan.pdf

Download (2MB)

Abstract

Menghadapi Anak Berkebutuhan Khusus (ABK) merupakan sebuah tantangan tersendiri bagi seorang guru. Kompleksnya kondisi psikologis, seperti keterlambatan wicara, degradasi motorik dan kognitif pada ABK mengharuskan tenaga pendidik untuk lebih banyak mengatur regulasi serta mempertajam cara berpikir agar mampu mengondisikan ABK secara humanis. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh keseimbangan kehidupan kerja dan dukungan sosial terhadap kesejahteraan subjektif guru di Sekolah Luar Biasa (SLB). Subjek dalam penelitian ini adalah 50 guru SLB dari jumlah populasi 144 guru. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik simple random sampling. Instrumen yang digunakan adalah skala Kesejahteraan Subjektif, skala Keseimbangan Kehidupan Kerja, dan skala Dukungan Sosial. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda. Hasil analisis data menunjukkan rasio Fisher sebesar 36.734 dengan signifikansi sebesar .000 (p < .01) menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara keseimbangan kehidupan kerja dan dukungan sosial terhadap kesejahteraan subjektif pada guru SLB. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dapat dilihat bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara keseimbangan kehidupan kerja dan dukungan sosial terhadap kesejahteraan subjektif pada guru SLB.

Item Type: Other
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisi / Prodi: Faculty of Psychology (Fakultas Psikologi) > S1-Psychology (S1-Psikologi)
Depositing User: Dr. Fatwa Tentama, S.Psi., M.Si.
Date Deposited: 30 Dec 2021 01:05
Last Modified: 30 Dec 2021 01:05
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/29940

Actions (login required)

View Item View Item