Artikel Jurnal "Pengembangan media Fun Thinkers dalam melatih keterampilan menulis karangan siswa sekolah dasar" pada jurnal Fundadikdas

Sukma, Hanum Hanifa and Amalia, Nur Rizqy (2021) Artikel Jurnal "Pengembangan media Fun Thinkers dalam melatih keterampilan menulis karangan siswa sekolah dasar" pada jurnal Fundadikdas. [Artikel Dosen]

[thumbnail of 4189-Article Text-15384-1-10-20210826.pdf] Text
4189-Article Text-15384-1-10-20210826.pdf

Download (689kB)

Abstract

Pembelajaran menulis di sekolah dasar merupakan salah satu
keterampilan produktif yang harus dimiliki siswa. Penelitian ini
bertujuan untuk mengembangkan media Fun Thinkers dan uji
kelayakan media sebagai sarana melatih keterampilan menulis
karangan siswa sekolah dasar. Penelitian ini merupakan penelitian
Research and Development (RnD) dengan menggunakan model
pengembangan Analys, Design, Development, Implementation,
Evaluation (ADDIE). Teknik dalam penelitian ini adalah observasi dan
angket. Teknik analisis data menggunakan analisis data kualitatif
untuk mengolah data berdasarkan komentar atau saran dari para ahli
serta analisis data kuantitatif untuk mengetahui kualitas produk. Hasil
yang didapatkan pada penelitian dari hasil uji coba validasi yaitu ahli
media 100 dengan kriteria “Baik Sekali”, ahli materi 80 dengan kriteria
“Baik Sekali, dan ahli pembelajaran 80 dengan kriteria “Baik Sekali”.
Hasil uji coba validasi ahli tersebut menunjukkan bahwa media Fun
Thinkers layak untuk digunakan dalam proses pembelajaran
khususnya pada keterampilan menulis karangan narasi peserta didik
kelas V Sekolah Dasar.

Item Type: Artikel Dosen
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisi / Prodi: Faculty of Teacher Training and Education (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan) > S1-Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Depositing User: M.Pd Hanum Hanifa Sukma
Date Deposited: 15 Dec 2021 05:10
Last Modified: 15 Dec 2021 05:10
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/29961

Actions (login required)

View Item View Item