LAPORAN Program Kampus Mengajar PELAKSANAAN PROGRAM KAMPUS MENGAJAR ANGKATAN KEDUA DI SDN PERENG KABUPATEN KLATEN JAWA TENGAH

Ardianto, Rangga (2021) LAPORAN Program Kampus Mengajar PELAKSANAAN PROGRAM KAMPUS MENGAJAR ANGKATAN KEDUA DI SDN PERENG KABUPATEN KLATEN JAWA TENGAH. [Laporan KKN] (Unpublished)

[thumbnail of JUDUL_I.D.2_KKN REGULER 87.pdf] Text
JUDUL_I.D.2_KKN REGULER 87.pdf

Download (291kB)
[thumbnail of ISI LAPORAN KKN_I.D.2_KKN REGULER 87.pdf] Text
ISI LAPORAN KKN_I.D.2_KKN REGULER 87.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Keberadaan Pandemi Covid-19 mengharuskan pemerintah Indonesia mengambil kebijakan sistem belajar di rumah di berbagai tingkat pendidikan. Kebijakan ini disertai dengan intruksi penerapan pembelajaran jarak jauh atau pembelajaran online (daring), untuk itu pemerintah, sekolah serta guru harus mencari cara agar proses pembelajaran dan perkembangan anak tetap berjalan optimal meskipun mereka tetap dirumah. Permasalahan-permasalahan Pendidikan mulai bermunculan selama pandemic covid 19 khusunya untuk jenjang Sekolah Dasar (SD). Dari permasalahan tersebut Kemendikbud melalui program Merdeka Belajar membuat kegiatan yakni program kampus mengajar. Program Kampus Mengajar Angkatan 2 merupakan lanjutan dari Program Kampus Mengajar Peintis dan Kampus Mengajar Angkatan 1. Program ini diharapkan dapat membantu proses pembelajaran di Sekolah Dasar maupun di Sekolah Menengah Pertama di berbagai Desa/Kota, salah satunya adalah SD Negeri Pereng yang bertempat di Kecamatan Prambanan, Kabupaten Klaten, Provinsi Jawa Tengah. Tujuan dari program ini adalah menambah empati atau kepekaan sosial terhadap permasalahan yang ada, mengasah keterampilan berpikir dan bekerjasama, mengembangkan wawasan, karakter, dan soft skill, meningkatkan peran dan kontribusi serta pengabdian mahasiswa civitas akademisi terhadap pendidikan nasional. Kampus Mengajar Angkatan 2 dilakukan kurang lebih 5 bulan. Dalam kegiatan ini mahasiswa membantu guru mengajar, adaptasi teknologi, dan membantu administrasi sekolah maupun guru. Dan hasil pengalaman ini, penulis dapat menyimpulkan bahwa program ini sangat membantu guru-guru atau sekolah, dimana program ini bermanfaat dan bermanfaat juga bagi mahasiswa.
Kata Kunci : Pandemi Covid 19, Kampus Mengajar

Item Type: Laporan KKN
Subjects: A General Works > AS Academies and learned societies (General)
Divisi / Prodi: Faculty of Islamic Studies (Fakultas Agama Islam) > Faculty of Islamic Studies (FAI) Doc
Depositing User: Rangga Ardianto
Date Deposited: 27 Dec 2021 06:28
Last Modified: 27 Dec 2021 06:28
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/30073

Actions (login required)

View Item View Item