Program Pendampingan Literasi, Adaptasi Teknologi, Administrasi di SD Negeri Pangebatan 03

Ikhsani, Ayu Rizki (2021) Program Pendampingan Literasi, Adaptasi Teknologi, Administrasi di SD Negeri Pangebatan 03. [Laporan KKN] (Unpublished)

[thumbnail of JUDUL_III.B.1_REGULER 87.pdf] Text
JUDUL_III.B.1_REGULER 87.pdf

Download (172kB)
[thumbnail of ISI LAPORAN KKN_III.B.1_REGULER 87.pdf] Text
ISI LAPORAN KKN_III.B.1_REGULER 87.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Sejak tanggal 13 Maret 2020 Covid-19 dinyatakan sebagai bencana nasiolnal oleh bapak Joko Widodo. Adanya pandemi Covid-19 di negara Indonesia ini tentunya sangat berdampak pada berbagai sektor bidang. Salah satunya adalah bidang pendidikan. Pemerintah mengeluarkan kebijakan pembelajaran jarak jauh secara daring menyebabkan pembelajaran yang diterima kurang maksimal. Oleh karena itu, Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi kembali Program Kampus Mengajar angkatan ke-2 yang merupakan bagian dari kampus merdeka dengan tujuan; Meningkatkan kemampuan literasi dan numerasi siswa, Membantu adaptasi teknologi dalam pembelajaran, dan Membantu melengkapi administrasi di sekolah, khususnya SD dan SMP yang tersebar di seluruh Indonesia. Mitra sasaran tim kami di SD Negeri Pangebatan 03 yang berlokasi di Pangebatan, Kec.Bantarkawung, Kab.Brebes, Jawa Tengah dengan akreditasi B. Sehubung dengan kondisi Sekolah yang berada di zona hijau kami melakukan kegiatan secara tatap muka penuh sesuai protocol kesehatan yang berlaku. Setelah mengabdi selama lima bulan kami yang berasal dari enam universitas yang berbeda berhasil medapatkan hasil yang baik dan sesuai harapan. Hasil yang diperoleh antara lain. Kami dapat membantu pihak sekolah dalam menjadi mitra guru dalam meningkatkan inovasi dan kreatifitas dalam pembelajaran, Menyelesaikan permasalahan penataan buku dan melengkapi administrasi di perpustakaan milik SDN Pangebatan 03. Selain itu, kami berhasil mengadakan simulasi dan uji coba AKSI, AKM, dan ANBK sebagai bentuk adaptasi teknologi dengan sasaran siswa. Kesimpulannya kami dapat menjalankan berhasil menjalankan semua program kerja yang kami rancang dan berhasil membantu menyelesaikan permasalahan yang ada pada saat observasi awal.

Kata Kunci : Kampus Mengajar 2, Sekolah Dasar, Luring, Literasi Numerasi

Item Type: Laporan KKN
Subjects: A General Works > AS Academies and learned societies (General)
Divisi / Prodi: Lembaga Pengbdian pada Masyarakat
Depositing User: Ayu Rizki Ikhsani
Date Deposited: 28 Dec 2021 04:17
Last Modified: 28 Dec 2021 04:17
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/30163

Actions (login required)

View Item View Item