LAPORAN AKHIR KKN PROGRAM KAMPUS MENGAJAR PELAKSANAAN PROGRAM KAMPUS MENGAJAR ANGKATAN 2 SD NEGERI 3 TIRTOSWORO KABUPATEN WONOGIRI DIVISI II.A.3 PERIODE KKN REGULER KE-87 KAMPUS MENGAJAR #2 TAHUN 2021

Putri, Mutia Eka (2021) LAPORAN AKHIR KKN PROGRAM KAMPUS MENGAJAR PELAKSANAAN PROGRAM KAMPUS MENGAJAR ANGKATAN 2 SD NEGERI 3 TIRTOSWORO KABUPATEN WONOGIRI DIVISI II.A.3 PERIODE KKN REGULER KE-87 KAMPUS MENGAJAR #2 TAHUN 2021. [Laporan KKN] (Unpublished)

[thumbnail of JUDUL_II A 3_REGULER KE-87 KAMPUS MENGAJAR #2.pdf] Text
JUDUL_II A 3_REGULER KE-87 KAMPUS MENGAJAR #2.pdf

Download (961kB)
[thumbnail of ISI LAPORAN_II A 3_REGULER KE-87 KAMPUS MENGAJAR #2.pdf] Text
ISI LAPORAN_II A 3_REGULER KE-87 KAMPUS MENGAJAR #2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

ABSTRAK
Kampus Mengajar Angkatan 2 FAI Universitas Ahmad Dahlan SD Negeri 3 Tirtosworo
Program Kampus Mengajar merupakan sebuah program yang diadakan oleh Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan sebagai salah satu kebijakan dari Merdeka Belajar-Kampus Merdeka (MBKM), yang ditujukan untuk membantu proses pembelajaran di Sekolah Dasar yang berakreditasi B-C semasa pandemi ini, terutama untuk SD di daerah 3T.
Program ini telah terlaksana sebanyak dua kali dan untuk periode Agustus-Desember merupakan program Kampus Mengajar Angkatan 2. Pelaksanaan program Kampus Mengajar (KM) Angkatan 2 ini diberlangsungkan selama 5 bulan, dalam pelaksanaannya tiap mahasiswa masuk ke sekolah sesuai kesepakatan dan jadwal yang telah ditentukan. Pada program Kampus Mengajar Angkatan 2, penempatan sesuai dengan wilayah domisili yang dipilih. Kami ditempatkan di SDN 3 Tirtosworo yang berlokasi di Kecamatan Giriwoyo Kabupaten Wonogiri. Dalam hal ini penulis dan rekan-rekan sebagai peserta KM Angkatan 2 mencoba menganalisis kebutuhan apa saja yang diperlukan oleh sekolah serta menyesuaikan terlebih dahulu dengan kondisi sekolah.
Kegiatan KM #2 memfokuskan mahasiswa untuk membantu meningkatkan kemampuan peserta didik khususnya pada bidang literasi dan numerasi melalui modul yang sudah dibagikan oleh pihak Kemendikbud, adaptasi teknologi, dan administrasi sekolah maupun guru. Selama berlangsungnya program ini mahasiswa harus mengisi laporan harian, laporan mingguan, laporan awal, dan laporan akhir yang disertakan lampiran pula pada aplikasi MBKM. Selama kegiatan berlangsung di SDN 3 Tirtosworo mahasiswa turut berperan aktif dalam menjalankan program-program Kampus Mengajar di sekolah. Akhir dari program ini mahasiswa melakukan perpisahan dengan sekolah masing-masing dan ada pula jadwal penarikan mahasiswa yang dilakukan oleh pihak Kemendikbud melalui Zoom Meeting. Dilakukan juga penarikan mahasiswa bersama DPL dan dikuti juga oleh kepala sekolah dan guru pamong melalui Zoom Meeting.

Item Type: Laporan KKN
Subjects: A General Works > AS Academies and learned societies (General)
Divisi / Prodi: Faculty of Islamic Studies (Fakultas Agama Islam) > Faculty of Islamic Studies (FAI) Doc
Depositing User: MUTIA EKA PUTRI
Date Deposited: 28 Dec 2021 06:35
Last Modified: 28 Dec 2021 06:35
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/30171

Actions (login required)

View Item View Item