LAPORAN PROGRAM KAMPUS MENGAJAR ANGKATAN 2 Program Pendampingan Literasi, Adaptasi Teknologi, Administrasi di SD Negeri Plakaran

Kumala, Nur'aini Dewi (2021) LAPORAN PROGRAM KAMPUS MENGAJAR ANGKATAN 2 Program Pendampingan Literasi, Adaptasi Teknologi, Administrasi di SD Negeri Plakaran. [Laporan KKN] (Unpublished)

[thumbnail of JUDUL_IV.A.1_REGULER 87 KAMPUS MENGAJAR 2.pdf] Text
JUDUL_IV.A.1_REGULER 87 KAMPUS MENGAJAR 2.pdf

Download (489kB)
[thumbnail of ISI LAPORAN KKN_IV.A.1_REGULER 87 KAMPUS MENGAJAR 2.pdf] Text
ISI LAPORAN KKN_IV.A.1_REGULER 87 KAMPUS MENGAJAR 2.pdf

Download (2MB)

Abstract

Kampus Mengajar angkatan 2 merupakan salah satu program yang diselenggarakan oleh Kampus Merdeka dibawah naungan Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud). Program ini telah berjalan selama dua tahun, dimulai pada awal tahun 2020 dengan nama program Kampus Mengajar Perintis (KMP).
Kampus Mengajar angkatan 2 bertugas dibidang pendidikan dengan tujuan utama mengembangkan pendidikan di sekolah dasar hingga sekolah menengah pertama di seluruh Indonesia. Sasaran utama dari Kampus Mengajar adalah sekolah-sekolah yang masih berada di wilayah 3T (Terdepan, Tertinggal dan Terluar). Program Kampus Mengajar Angkatan 2 bertujuan untuk mengembangkan pengetahuan terkait literasi dan numerasi, adaptasi teknologi bagi siswa dan guru hingga administrasi sekolah.
Program ini dilaksanakan di berbagai daerah, salah satunya di SD Negeri Plakaran, Banguntapan, Bantul, Yogyakarta. Dimulai sejak tanggal 2 Agustus 2021 hingga 18 Desember 2021. Program kegiatan Kampus Mengajar Angkatan 2 dilaksanakan selama 20 minggu. Selama 20 minggu, program kegiatan yang dilaksanakan adalah pembelajaran terkait literasi numerasi, adaptasi teknologi hingga membantu administrasi sekolah.
Pembelajaran literasi numerasi dilaksanakan setiap hari, kami juga melaksanakan bimbingan belajar terkait literasi dan numerasi sebagai salah satu upaya untuk meningkatkan minat siswa dalam hal literasi dan numerasi. Selanjutnya kami melaksanakan kegiatan adaptasi teknologi kepada guru dengan mengadakan pelatihan pembuatan google form. Kami juga melaksanakan adaptasi teknologi kepada siswa dengan mengadakan pelatihan penggunaan laptop serta penggunaan video pembelajaran pada saat menyampaikan materi. Berkaitan dengan administrasi sekolah kami membantu mengembangkan perpustakaan, digitalisasi buku induk hingga membantu dalam merekap nilai siswa.

Item Type: Laporan KKN
Subjects: A General Works > AZ History of Scholarship The Humanities
Divisi / Prodi: Lembaga Pengbdian pada Masyarakat
Depositing User: Nur'aini Dewi Kumala
Date Deposited: 31 Dec 2021 01:50
Last Modified: 31 Dec 2021 01:50
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/30198

Actions (login required)

View Item View Item