PENGEMBANGAN SUBJECT SPECIFIC PEDAGOGY (SSP) IPA UNTUK MENGEMBANGKAN KARAKTER PESERTA DIDIK KELAS IV SD

Ulfah, Amaliyah (2012) PENGEMBANGAN SUBJECT SPECIFIC PEDAGOGY (SSP) IPA UNTUK MENGEMBANGKAN KARAKTER PESERTA DIDIK KELAS IV SD. Seminar Nasional Pendidikan Sains. ISSN 2089-5828

[thumbnail of Prosiding Nasional - SSP.pdf]
Preview
Text
Prosiding Nasional - SSP.pdf

Download (323kB) | Preview

Abstract

Subject Specific Pedagogy (SSP) merupakan pengemasan materi bidang studi menjadi seperangkat pembelajaran yang komprehensif dan mendidik. SSP terdiri dari lima komponen dasar yaitu silabus, RPP, buku siswa, LKS, dan lembar penilaian. Selama ini belum tersedia perangkat pembelajaran seperti SSP di sekolah dasar yang diintegrasikan dengan nilai-nilai karakter, sehingga SSP perlu dikembangkan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) langkah-langkah pengembangan SSP IPA untuk mengembangkan karakter peserta didik kelas IV SD, (2) kelayakan SSP IPA yang dikembangkan untuk mengembangkan karakter peserta didik kelas IV SD.
Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang dikembangkan oleh Borg & Gall (1983). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri Tahunan dan SD Negeri Golo Yogyakarta. Uji coba terbatas dilakukan pada siswa kelas IV SD Negeri Tahunan sebanyak 15 siswa. Uji coba lapangan utama dilakukan pada siswa kelas IV SD Negeri Golo sebanyak 2 kelas. Pengumpulan data dilakukan dengan lembar validasi perangkat SSP, lembar observasi, dan tes. Teknik analisis data yang digunakan yaitu statistik deskriptif dan statistik inferensial.
Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan: (1) langkah-langkah pengembangan SSP IPA terdiri dari (a) studi pendahuluan (analisis siswa, tugas, konsep, peta konsep), (b) perencanaan (penentuan jenis perangkat, model, format), (c) pengembangan produk awal (perangkat, instrumen, validasi ahli), (d) uji coba terbatas, (e) revisi uji coba terbatas, (f) uji coba lapangan utama, dan (g) revisi produk uji coba lapangan utama. (2) Hasil pengembangan SSP untuk mengembangkan karakter peserta didik layak digunakan dalam pembelajaran. Hasil telaah kelayakan oleh ahli untuk silabus mendapatkan penilaian “sangat baik”, RPP berkategori “baik”, buku siswa berkategori “baik”, LKS berkategori “sangat baik”, lembar penilaian tes hasil belajar berkategori “baik”, dan lembar penilaian karakter berkategori “sangat baik”. Pelaksanaan pembelajaran IPA dengan SSP secara umum dapat terlaksana dengan baik.

Kata Kunci: pengembangan, Subject Specific Pedagogy, IPA, karakter

Item Type: Artikel Umum
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisi / Prodi: Faculty of Teacher Training and Education (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan) > S1-Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Depositing User: Prodi PGSD
Date Deposited: 15 Jun 2016 00:52
Last Modified: 15 Jun 2016 00:52
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/3022

Actions (login required)

View Item View Item